Berita Sungailiat

Sidak Tambang Timah Skala Besar di Tanjung Ratu, Mulkan Baru Tahu Ada Tambang Disepadan Pantai

Bupati Bangka Mulkan dan Sekda Bangka Andi Hudirman secara tiba-tiba melakukan sidak ke lokasi penambangan timah sekala besar

Sidak Tambang Timah Skala Besar di Tanjung Ratu, Mulkan Baru Tahu Ada Tambang Disepadan Pantai
Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan dan Sekda Bangka Andi Hudirman secara tiba-tiba melakukan sidak ke lokasi penambangan timah sekala besar di sepadan Pantai Tanjung Ratu Desa Rebo Kecamatan Sungailiat, Kamis (13/02/2020). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Bupati Bangka Mulkan dan Sekda Bangka Andi Hudirman secara tiba-tiba melakukan sidak ke lokasi penambangan timah sekala besar di sepadan Pantai Tanjung Ratu Desa Rebo Kecamatan Sungailiat, Kamis (13/02/2020).

"Kami selaku kepala daerah sebelumnya tidak mengetahui ada tambang timah skala besar di sepadan pantai ini, kami dapat laporan dari masyarakat kalau ada tambang timah disini, silahkan lihat sendiri cukup besar skalanya," kata Mulkan kepada Bangkapos.com.

Diungkapkannya, selaku kepala daerah dirinya harus mengetahui hal ini, karena lokasinya berada di wilayah Kabupaten Bangka.

"Mereka ini memiliki izin dari PT Timah Tbk, saya berharap hal ini harus duduk bersama seperti apa pertambangan ini apakah masuk kategori penambangan darat ataukah tambang laut," kata Mulkan.

Dilanjutkannya, pihak pengelola tambang ini harus memiliki kewajiban pasca tambang untuk mereklamasi kembali lokasi bekas tambang ini. Makanya kita harus duduk bersama, jangan sampai kita sebagai kepala daerah tidak mengetahui adanya penambangan timah apalagi skala besar seperti ini.

"Kami baru mengetahui beberapa hari ini dari laporan masyarakat, pak sekda sudah mengecek ke camat dan kades ternyata mereka juga tidak mengetahui adanya tambang timah ini," ujar Mulkan.

Lokasi penambangan timah sekala besar di sepadan Pantai Tanjung Ratu Desa Rebo Kecamatan Sungailiat
Lokasi penambangan timah sekala besar di sepadan Pantai Tanjung Ratu Desa Rebo Kecamatan Sungailiat (Bangkapos.com/Edwardi)

Ditambahkannya, dari informasi tambang timah ini sudah beroperasi sekitar 5 bulan terakhir.

"Mungkin awalnya tambang ini hanya tambang kecil biasa, tetapi dengan adanya data bor diketahui kandungan timahnya cukup banyak sehingga berkembang menjadi pertambangan skala besar," tukas Mulkan.

Ditegaskannya, Pemkab Bangka akan memanggil PT Timah Tbk untuk menanyakan proses izin tambang timah ini, karena lokasi tambang berada di sepadan pantai.

"Setahu saya penambangan timah tidak boleh dikeluarkan izin disepadan pantai, yang saya tahu izin boleh dikeluarkan minimal 1 mil dari bibir pantai untuk penambangan laut," tukas Mulkan.

Sementara itu Musa warga Tanjung Ratu mengatakan lokasi tambang itu dibeli darinya seharga Rp 120 juta yang dibayarkan dengan cara mencicil selama kurang lebih setahun.

"Mulanya saya dipekerjakan sebagai penjaga malam, saya diberikan sepatu boat, senter dan topi, namun gaji saya sebagai penjaga malam belum dibayar sampai saat ini," kata Musa.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved