Umur Tak Bisa Dibohongi, Ini 7 TIPS Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat Sampai Usia Tua

Beberapa tulang dapat menyatu dan membentuk tulang yang lebih kuat seperti yang terjadi pada masa pertumbuhan (bayi memiliki 300 tulang,...

Umur Tak Bisa Dibohongi, Ini 7 TIPS Menjaga Kesehatan Tulang Agar Tetap Kuat Sampai Usia Tua
www.doktersehat.com/
Ilustrasi menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat 

BANGKAPOS.COM-Tulang adalah organ dengan struktur keras dan kaku yang membentuk kerangka manusia. Organ-organ ini dinamis dan terus berubah sering stimulus dari lingkungan.

Beberapa tulang dapat menyatu dan membentuk tulang yang lebih kuat seperti yang terjadi pada masa pertumbuhan (bayi memiliki 300 tulang, sementara dewasa hanya 206 tulang.

Selain itu, tulang juga dapat membesar atau mengecil, menebal atau menipis, atau menguat jika dibutuhkan. Saat patah, misalnya dalam cedera, tulang dapat tumbuh kembali tanpa meninggalkan luka.

Adapun tulang sendiri memiliki banyak fungsi yang sangat penting bagi tubuh manusia, di antaranya :

  • Menjadi penopang dan menciptakan struktur serta bentuk tubuh manusia
  • Melindungi organ vital yang rapuh
  • Menghasilkan sel darah putih dan merah dan selain itu juga sel dari tulang belakang seperti sel punca yang terletak pada lapisan paling dalam.
  • Memfasilitasi respirasi
  • Menyimpan lemak dan mineral yang dikeluarkan saat tubuh membutuhkan, sehingga berperan penting dalam hemeostasis.
  • Memungkinkan fungsi motorik dan lokomotif, yang berkoordinasi dengan otot dan sendi sehingga tulang dapat terhubung
  • Tulang menghasilkan empat jenis sel: osteosit, osteoklas, osteoblas, dan sel-sel lapisan.
  • Osteoblas adalah salah satu sel yang membuat tulang baru saat tubuh bertumbuh. Osteoblas jika terkumpul membentuk materi fleksibel yang disebut osteoid, yang menyatukan mineral sehingga menjadi keras dan kuat. Osteoblas juga bertanggung jawab membangun kembali tulang yang rusak akibat retakan dan cedera.
  • Osteosit biasanya ditemukan pada tulang kompak yang menopas tubuh dan otot, berbentuk seperti bintang yang dapat menukar mineral dengan sel lain di sekitarnya.
  • Sel lapisan menutupi bagian luar tulang dengan fungsi utama mengontrol pergerakan dari molekul yang ditemukan di bagian dalam atau luar tulang.
  • Osteoklas adalah sel yang memecah diri untuk menyerap kembali tulang yang ada. Mereka bekerja sama dengan osteoblas untuk membentuk kembali tulang, jika mengalami kerusakan akibat cedera.

Dilansir dari laman www.alodokter.com agar memiliki tulang yang sehat, Anda harus memelihara kesehatan tulang sejak dini. Cara menjaga tulang agar tetap sehat antara lain dengan menjaga pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk aktif bergerak.

Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang dapat berkurang. Itulah sebabnya, Anda perlu menjaga kesehatan tulang sejak dini, agar kepadatan tulang tetap terjaga dan risiko untuk terkena osteoporosis di usia lanjut akan berkurang.

1. Mengonsumsi Beraneka Jenis Sayuran
Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi sayuran. Sayuran kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk membantu produksi sel-sel pembentuk tulang. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tulang dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Mencukupi Asupan Vitamin D Harian
Untuk membantu penyerapan kalsium, pembentukan tulang, dan melindungi tulang, tubuh membutuhkan vitamin D. Anda dapat memenuhi kebutuhan vitamin D harian dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti salmon, ikan sarden, minyak ikan, ikan tuna, tiram, udang, kuning telur, dan jamur.

Selain dari makanan, vitamin D juga dapat dibentuk sendiri oleh tubuh dengan bantuan paparan sinar matahari. Namun ingat, hindari terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari yang terik.

3. Melakukan Olahraga Rutin
Untuk menjaga kesehatan tulang, Anda juga disarankan untuk rutin berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin, kekuatan otot, koordinasi, dan keseimbangan tubuh Anda dapat terjaga dengan baik. Selain itu, risiko Anda untuk terkena osteoporosis juga akan berkurang.

Halaman
12
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved