Berita Pangkalpinang

KPHP Sungai Sembulan Tanam Jambu Mete di Lahan Kritis Lubuk Besar

Penanaman pohon Jambu Mete Unggul di Dusun Lubuk Laut, Desa Lubuk Besar, Kamis (13/2/2020).

KPHP Sungai Sembulan Tanam Jambu Mete di Lahan Kritis Lubuk Besar
Ist/KPHP Sungai Sembulan
Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Pegawai Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Sungai Sembulan bersama Kelompok Tani Hutan (KTH) Merapen Jaya melakukan penanaman pohon Jambu Mete Unggul di Dusun Lubuk Laut, Desa Lubuk Besar, Kamis (13/2/2020).

Kepala UPTD KPHP Sungai Sembulan, Badariah menjelaskan penanaman ini merupakan rangkaian kegiatan rehabilitasi lahan kritis yang digagas oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman tanggal 7 Febuari 2020 lalu di Kabupaten Belitung.

"Kegiatan penanaman ini melibatkan peran serta masyarakat lewat KTH Merapin Jaya yang peduli terhadap kerusakan kawasan hutan," kata Badariah.

Disebutkan Badariah, jambu mete merupakan tanaman kehutanan yang bernilai ekonomis serta untuk konservasi guna memperbaiki lahan kritis.

Jambu mete selain untuk budidaya, buahnya dapat diolah menjadi kacang mete, sirup buah mete, getahnya salah satu bahan pelumas mesin pabrik, daunnya untuk lalapan serta manfaat lainnya.

"Ke depannya Kabupaten Bangka Tengah dapat menjadi salah satu penghasil biji mete terbesar di Indonesia yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," ungkap Badariah.

Menurutnya, areal kritis yang akan ditanam seluas 14 hektare (ha) dengan total bibit jambu mete unggul yang akan ditanam 15.400 bibit di lokasi dusun tersebut.

Dukungan juga diberikan Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Baturusa, Cerucuk yang konsen terhadap kegiatan rehabilitasi lahan kritis ini.

Badariah mengatakan kegiatan rehabilitasi hutan dan lahan di dalam kawasan hutan merupakan upaya pemerintah dalam memulihkan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan serta lahan sehingga daya dukung sistem penyangga ekosistem tetap terjaga.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved