Wiki Bangka

Tips Beli Ikan Koi via Online dari Wendi

Tak hanya barang keperluan saja yang bisa dibeli via online, namun hewan peliharaan pun, seperti ikan Koi bisa didapatkan dengan belanja online.

Tips Beli Ikan Koi via Online dari Wendi
bangkapos.com / Muhammad Rizki
Ikan Koi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dewasa ini belanja online memang sudah menjadi tren bagi setiap orang.

Hal ini dapat dilihat dengan maraknya aplikasi-aplikasi yang membantu para pedagang online untuk menjajakan dagangannya.

Hampir di setiap media sosial juga terdapat akun atau forum yang khusus dibentuk sebagai wadah bertemunya si penjual dan pembeli secara online.

Kemudahan yang ditawarkan dalam jual beli online ini menjadi satu di antara penyebab banyaknya masyarakat yang memilih untuk membeli barang secara online dibandingkan datang langsung ke toko.

Pembeli tidak perlu repot keluar rumah, cukup memainkan jari di gawai memilih barang yang dicari.

Setelah cocok langsung menghubungi penjual, dan mentransfer sejumlah uang, setelah itu tinggal tunggu beberapa hari, dan barang pun langsung diantar ke alamat si pembeli.

Tak hanya barang keperluan saja yang bisa dibeli via online, namun hewan peliharaan seperti ikan Koi pun bisa didapatkan dengan belanja online.

Namun menurut Owner dari Rumah Koi Wendy, membeli ikan koi via online harus ekstra hati-hati, dikarenakan banyak penjual ikan hias ini yang menjual koi tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan.

"Kadang ukuran yang ditawarkan tidak sesuai, misalkan di iklan bilangnya ukurannya 12 cm, tapi pas ikan datang ukurannya 10 cm pun enggaak sampai, warna juga kadang berbeda, di iklan warna ikannya merah, sewaktu datang terkadang oranye," ujar Wendi.

Selain itu terkadang ada juga beberapa penjual yang nekat menjual ikan yang sedang sakit, namun saat beriklan ia mengatakan bahwa ikan tersebut sehat, alhasil ikan yang sedang sakit bisa mati di dalam perjalanan.

Oleh karena itu Wendi menyarankan jika pecinta ikan koi di Provinsi Bangka Belitung (Babel) berniat untuk membeli koi secara online, agar membeli koi dari penjual yang sudah tersohor akan ikannya yang sehat dan mengutamakan kualitas, seperti Lestari Koi Rawamangun ataupun Wahana Koi.

"Lebih baik membeli dari penjual yang memang sudah terkenal memiliki kualitas ikan yang sehat dan bagus, dari segi harga memang relatif lebih mahal, namun sesuai dengan apa yang diiklankan," tegasnya.

Wendi tidak melarang untuk membeli ikan koi dari tempat lain.

Namun perlu diperhatikan akun penjual tersebut, seperti dilihat lebih dalam aktifitas akun tersebut, apakah banyak transaksi atau tidak, kemudian bisa juga di cek pada kolom komentar setiap postingan.

Lalu yang tak kalah penting bisa juga dilihat dari kesesuaian harga yang ditawarkan, jika akun tersebut menjual koi berkualitas baik namun dengan harga yang kelewat murah, maka para pembaca juga perlu waspada. (Bangkapos.com/Muhammad Rizki)

Penulis: Muhammad Rizki
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved