Berita Pangkalpinang

Waspadai, Obesitas Bisa Ganggu Aktivitas Hingga Percaya Diri Anda, Ini Tips Diet Sehat Ala dr Annisa

Dokter umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni menjelaskan mengenai bahaya dan penanganan obesitas.

Waspadai, Obesitas Bisa Ganggu Aktivitas Hingga Percaya Diri Anda, Ini Tips Diet Sehat Ala dr Annisa
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Dokter umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Obesitas adalah penyakit kronis yang diakibatkan oleh penumpukan lemak yang tinggi didalam tubuh.

Dokter umum Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah dr Annisa Rahmayuni menjelaskan mengenai bahaya dan penanganan obesitas.

"Obesitas dapat menyebabkan penyakit yang disebut sindroma metabolik yang ditandai dengan lingkar pinggang besar, hipertensi, hiperkolesterol, hipertrigliserid, dan diabetes," kata dr Annisa saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (14/2/2020).

Selain itu, obesitas dapat menyebabkan gangguan aktivitas sehari-hari seperti mudah lelah dan sebagainya, serta dapat menyebabkan gangguan percaya diri bagi penderita.

"Seseorang dikatakan obesitas bila berdasarkan berat badan (BB) dikatakan bila Indeks Massa Tubuh (IMT) >25. cara menghitungnya berat badan dibagi tinggi badan yang dikuadratkan," terangnya.

Penggerebekan Judi Online di Greenzone Pangkalpinang, Satu Orang Dinyatakan Positif Narkoba

Kepala KKP Bantah Ada Warga Bangka Belitung yang Dikarantina di Natuna

Semrawutnya Jalan Depan Pasar Atrium Pangkalpinang, 30 Tahun PKL Hanya Bayar Iuran Sampah

Penanganan obesitas lebih dititik beratkan pada diet yang sehat seperti kurangi asupan kalori seperti nasi dan olahan gandum, kurangi porsi makan, perbanyak makan buah dan sayuran.

Selanjutnya hindari merokok atau minum alkohol.

Serta yang tidak kalah penting perbanyak olahraga dianjurkan sekitar 150-300 menit seminggu atau sesuai anjuran dokter.

"Kurangi makanan tinggi karbohidrat dan lemak, seperti nasi, olahan gandum, susu tinggi lemak, olahan susu, makanan yang banyak mengandung minyak. Ganti kalori dari sayur-sayuran dan buah-buahan," lanjut dr Annisa.

Jika obesitas sudah benar-benar mengganggu aktivitas sehari dan tidak bisa diatasi dengan diet dan pola hidup sehat, maka perlu menemui dokter. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved