Advertorial

Waspadai Virus Corona, Kadinkes Bangka Belitung Tinjau Langsung Kesiapan RSUD Marsidi Judono

Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa peningkatan kasus yang signifikan dan negara-negara lain yang melaporkan kasus konfirmasi.

Waspadai Virus Corona, Kadinkes Bangka Belitung Tinjau Langsung Kesiapan RSUD Marsidi Judono
Bangkapos.com / Riki Pratama.
Kepala Dinas Kesehatan, Mulyono (pakaian biru) Senin (10/2/2020) 

BANGKAPOS.COM - Hasil pertemuan Emergency Committee kedua yang dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2020 menetapkan bahwa 2019-nCoV sebagai Kedaruratan Kesehatan Masyarakat yang Meresahkan Dunia (KKMMD)/Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

Hal ini berdasarkan pertimbangan bahwa peningkatan kasus yang signifikan dan negara-negara lain yang melaporkan kasus konfirmasi.

Dari data WHO per tanggal 12 Februari 2020, situasi global diperoleh sbb :

IST
IST (Dinas Kesehatan Babel)
IST
IST (Dinas Kesehatan Babel)

Merespon situasi epidemiologi tersebut, WHO merekomendasikan perlu dilakukan peningkatan kewaspadaan bagi negara-negara lainnya.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas IV Pangkal Balam telah membentuk Posko Terpadu Pencegahan dan Penanggulangan Wabah Virus Novel Corrona (Corona Virus/2019 – nnCov) di Lingkungan Pelabuhan Pangkal Balam berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor KSOP Pangkal Balam Nomor : KP.104/I/19/KSOP PKBLM-20.

Di mana dalam SK tersebut yang menjadi Penanggung Jawab adalah Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan sebagai Ketua Pelaksana.

Di samping itu juga Direktur Jenderal Perhubungan Udara telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor : SE.001/DKP/I/2020 tentang Perketat Pengawasan Bandar Udara Cegah Wabah Pneumonia Berat Melalui Bandar Udara Internasional.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kep. Bangka Belitung drg.Mulyono Susanto, MHSM melakukan kunjungan ke RSUD Marsidi Judono Tanjungpandan untuk melihat secara langsung kesiapan rumah sakit tersebut untuk penanganan pasien apabila ditemukan terindikasi virus corona.

Saat ini RSUD Marsidi Judono sudah menyiapkan dua ruangan dan sedang menuju penyempurnaan agar memenuhi standar yang ditetapkan pemerintah.

Disiapkan mulai dari tempat tenaga medis menanggalkan Alat Pelindung Diri (APD), mandi dengan shower, hingga masuk ke ruang perawatan.

Penanganan sesuai alur yang ditetapkan.

Penulis: Iklan Bangkapos
Editor: Dedy Qurniawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved