Berita Bangka Barat

Asah Skil Budidaya, DKP Bangka Barat Kirim Tim Magang ke Balai Benih Jambi

Tahun ini Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka Barat, mengutus tim mangang ke Balai Benih Ikan Jambi.

Asah Skil Budidaya, DKP Bangka Barat Kirim Tim Magang ke Balai Benih Jambi
Bangkapos.com/Anthoni Ramli
Plt Kepala DKP Kabupaten Bangka Barat, Kamso 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Tahun ini Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka Barat, mengutus tim mangang ke Balai Benih Ikan Jambi.

Sebab bantuan Sarana Prasarana (Sarpas) dab benih saja, dinilai tak cukup, menunjang produktiitas budidaya bidang perikanan. Untuk itu perlu ditunjang dengan pengetahuan.

"Ada juga pemberdayaan pelatihan budidaya perikanan, sebab tidak bisa hanya mengandalkan bantuan sarpas dan benih jika tidak ditunjang dengan ilmu dan pengetahuan. Jadi tahun ini kami kirim peserta magang ke balai Benih Jambi. tentunya kami pilih yang serius. Jangan sampai pulang tidak membawa hasil," kata plt kepala DKP kabupaten Bangka Barat, Kamso, Selasa (18/2/2020)

Selain itu, kata Kamso, pihaknya juga fokus disektor budidaya kerang. Terlebih, Bangka Barat, satu satunya daerah di Bangka Belitung yang memiliki potensi Budidaya kerang.

Penyediaan sarpas pemberdaayaan skala kecil pembudidayaan ikan kerapu di desa bakit, Kecamatan Parittiga.

"Di Babel budidaya kerang hanya ada di Babar, salah satu cara kami meningkatkan pengadaan benih kerang, KUB titik di daerah sukal.Kemudian, penyediaan sarpas pemberdaayaan skala kecil pembudidayaan ikan laut, kita punya sport di daerah bakit untuk budidaya kerapu," bebernya.

Berikan Bantuan Pakan dan Benih Ikan

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, melalui dinas perikanan dan kelautan mendukung Kelompok Usaha Bersama (KUB) bidang perikanan. Dukungan yang diberikan tersebut, berbentuk pakan dan benih.

Plt Kepala Dinas Keluatan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Kamso, menyebut ada dua bidang yang disupport pihaknya, yakni bidang perikanan tangkap dan budidaya.

Program tahun ini sama tahun kemarin, ada dua bidang. Bidang perikanan tangkap dan bidang perikanan budidaya.

Untuk bidang perikanan budidaya, melalui bantuan benih dan pakan ikan air tawar. Bentuknya pakan sama benih ikan, seperti tahun sebelumnya," kata  Kamso di ruang kerjanya, Selasa (18/2/2020)

Menurut Kamso, tolak ukur pihaknya meningkatkan produksi KUB yang begerak di bidang perikanan.

Selain itu pihaknya juga mensuport sarana prasarana pembudidaya skala kecil. Bantuan tersebut berupa mesin pembuat pakan, percontohan budidaya ikan, dan cetak tambak.

"Karena di dalam rentra kitatolak ukurnya meningkatkan produksi. Artinya bagaimana meningkatkan produksi perikanan budidaya, salah satunya memberikan bantuan kepada kelompok usaha yang begerak di bidang budidaya," ungkap Kamso.

(Bangkapos.com/Anthoni Ramli)

Penulis: Antoni Ramli
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved