Jangan Dianggap Remeh, Ini Ciri Ciri Sakit Jantung, Waspadai Gagal Jantung

Sakit jantung bisa disebabkan oleh berbagai hal dengan ciri ciri sakit jantung yang berbeda pula. Secara umum pria lebih berisiko tinggi

Jangan Dianggap Remeh, Ini Ciri Ciri Sakit Jantung, Waspadai Gagal Jantung
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Serangan jantung merupakan penyakit mendadak yang memang tidak diawali dengan gejala apa pun. 

Jangan Dianggap Remeh, Ini Ciri Ciri Sakit Jantung, Waspadai Gagal Jantung

BANGKAPOS.COM - Sakit jantung bisa disebabkan oleh berbagai hal dengan ciri ciri sakit jantung yang berbeda pula. Secara umum pria lebih berisiko tinggi untuk mengalami sakit jantung. Jangan sepelekan sakit jantung karena bisa mengarah ke gagal jantung!

Ciri ciri sakit jantung terkadang tidak terasa dan dianggap remeh karena bukanlah sesuatu yang membuat kita tersadar akan keberadaannya. Hal ini yang justru meningkatkan bahaya dari sakit jantung.

Ashraf Sinclair Meninggal, Kenapa Masih Muda dan Suka Berolahraga Bisa Terkena Serangan Jantung?

Ashraf Sinclair Sempat Lakukan Ini ke BCL Sebelum Meninggal, Daniel Mananta Ungkap Hal ini

Sakit jantung memiliki banyak penyebab. Penyebab sakit jantung yang umum diketahui adalah karena adanya penumpukan lemak pada pembuluh darah yang menyempitkan pembuluh darah dan menghalangi peredaran darah di jantung.

Penyebab tersebut adalah yang paling sering terjadi dan menjadi pelaku dari sakit jantung. Penyebab lainnya adalah karena infeksi jantung, seperti endokarditis atau kondisi saat virus, bakteri, parasit, ataupun zat kimia mengganggu otot jantung.

Otot jantung yang lemah karena penebalan atau pembesaran otot jantung (kardiomiopati), kerusakan katup jantung, detak jantung yang tidak beraturan (aritmia), serta cacat bawaan pada jantung juga bisa memicu munculnya sakit jantung.

Apakah ciri ciri sakit jantung berbeda antara pria dan wanita?

Pria maupun wanita memiliki kemungkinan untuk mengalami sakit jantung, tetapi organ jantung antara kedua jenis kelamin ini memiliki beberapa perbedaan.

Misalnya saja, pria memiliki ruang jantung yang lebih besar dengan sekat antar ruang jantung yang lebih tebal. Selain itu, pria juga memompa darah lebih lambat dari wanita, tetapi memompa 10 persen lebih banyak darah daripada wanita.

Saat pria sedang stres, pembuluh darah arteri dalam jantung menyempit dan memicu peningkatan tekanan darah. Pada wanita, stres membuat detak jantung meningkat dan menyebabkan jantung memompa lebih banyak darah.

Halaman
123
Editor: Evan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved