Ternyata Ikan Asin Bisa Cegah Osteoporosis

Kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi pada ikan asin sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

Ternyata Ikan Asin Bisa Cegah Osteoporosis
TRIBUNNEWS/ABRAHAMDAVID
Pekerja mengecek kekeringan ikan asin yang sudah dijemur dari pagi di kawasan Kampung Nelayan, Muara Angke, Jakarta Utara, Selasa (11/9/2018). 

BANGKAPOS.COM - Ikan asin merupakan salah satu makanan yang memiliki kandungan mineral kalsium tinggi.

Hal ini tentunya menjadikan ikan asin sebagai salah satu makanan yang bisa mencegah penyakit pengeroposan tulang alias osteoporosis.

Menurut sebuah jurnal yang dipublikasikan dalam Science Direct pada tahun 2015, kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi pada ikan asin sangat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan gigi.

Ikan asin juga dapat membantu meningkatkan tinggi badan selama masa pertumbuhan, memperkuat tulang, mencegah kelainan struktur tulang, dan mencegah osteoporosis.

Manfaat ikan asin sendiri bearasal dari kandungan proteinnya yang cukup tinggi, yaitu sekitar 42 gram protein per 100 gr.

Protein ini akan sangat berguna untuk membangun otot dan meningkatkan massa otot, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program pembangunan otot.

Diketahui osteoporosis merupakan masalah pengeroposan dan penurunan kepadatan massa tulang secara berkelanjutan.

Kondisi ini lambat laun membuat tulang kehilangan kekuatannya bahkan akan menjadi lebih rapuh, hingga rentan patah.

Banyak orang yang berpikir bahwa osteoporosis terjadi secara alami dan tidak dapat dihindari karena bagian dari penuaan.

Padahal, penyakit tersebut dapat dihindari dengan gaya hidup yang sehat, salah satunya dengan menjaga asupan makanan agar tetap bergizi seimbang.

Halaman
1234
Editor: suhendri
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved