Berita Bangka Selatan

Empat Desa Belum Sampaikan Perdes APBDes, Herman: Penyaluran Dana Desa Akan Terhambat

Empat desa tersebut lanjut Herman yaitu Desa Bedengung, Desa Gudang, Desa Payung dan Desa Malik.

Empat Desa Belum Sampaikan Perdes APBDes, Herman: Penyaluran Dana Desa Akan Terhambat
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Selatan, Herman 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dari total 50 desa yang ada di Kabupaten Bangka Selatan, sampai saat ini baru 46 desa yang telah melaporkan Perdes APBDes.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Selatan, Herman menjelaskan pelaporan Perdes APBDes dilakukan sebagai acuan untuk menyalurkan dana desa yang telah diundangkan oleh Pemerintah Desa se-Kabupaten Bangka Selatan.

Sementara itu Herman menyatakan jika masih ada empat desa lainnya di Kabupaten Bangka Selatan yang belum menyerahkan.

Empat desa tersebut lanjut Herman yaitu Desa Bedengung, Desa Gudang, Desa Payung dan Desa Malik.

Yuk Like Fanpage Facebook Bangkapos.com:

Herman menambahkan pihaknya sudah memberikan kesempatan bagi aparatur desa untuk menyelesaikan perdes sejak 11 Februari 2020 lalu dan akan berakhir pada tanggal 24 Februari 2020 mendatang.

"Sebenarnya waktu terakhir pengumpulan perdes sebelum penyaluran adalah besok yaitu Kamis, (20/2/2020) karena pada Senin, (24/2/2020) sudah dicairkan oleh Bakuda sehingga jika sampai besok tidak juga selesai maka akan kami tinggal dan silahkan menyusul," ujar Herman, Rabu, (19/2/2020) 

Untuk penyaluran sendiri, Herman menyatakan jika pada tahun 2020 Kabupaten Bangka Selatan mendapatkan kesempatan untuk melakukan penyaluran dalam dua sesi yang masing-masing memiliki persentase sebesar 60% dan 40%.

Penyaluran yang diterima oleh Kabupaten Bangka Selatan tahun ini berbeda dengan penyaluran tahun-tahun sebelumnya yang biasanya disalurkan dengan tiga sesi.

"Kalau pihak desa mencermati persentase ini tentunya harus maksimal dalam penggunaan dana desa demi pembangunan desa karena nilainyakan cukup besar dalam setiap penyaluran," tambahnya.

Ketika dikonfirmasi mengapa empat desa di Kabupaten Bangka Selatan belum menyelesaikan perdesnya, Herman tidak bisa menjelaskan secara spesifik karena menurutnya urusan ini memang pihak desa sendiri yang mengetahuinya.

"Hanya saja kami berharap agar dengan segera desa-desa yang belum menyampaiakan untuk menyampaikannya agar bisa dicairkan dengan segera," tukasnya. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved