Berita Sungailiat

Pelatihan Imam dan Khatib Masjid Agar Masyarakat Terhindar dari Penyimpangan Ajaran Agama

Pelatihan Imam dan Khatib Masjid 2020 se Kabupaten Bangka mengarahkan masyarakat agar terhindar dari segala penyimpangan-penyimpangan ajaran agama

bangkapos.com/Edwardi
Pelatihan Imam dan Khatib Masjid se Kabupaten Bangka di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat 

BANGKAPOS COM, BANGKA -- Asisten I Bupati Bangka, Teddy Sudarsono mengatakan Pelatihan Imam dan Khatib Masjid 2020 se Kabupaten Bangka ini dalam rangka membentuk kualitas keislaman masyarakat dan mengarahkan masyarakat agar dapat terhindar dari segala penyimpangan-penyimpangan ajaran agama yang sering terjadi saat ini.

"Imam dan khatib masjid harus ikut memakmurkan masjid agar dapat menuju masyarakat yang akur, damai dan tentram," kata Teddy Sudarsono saat membuka Pelatihan Imam dan Khatib se Kabupaten Bangka di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Rabu (19/02/2020).

Dilanjutkannya tugas seorang imam cukup berat, seorang imam bukan hanya memimpin salat saja, tetapi juga bertindak sebagai garda terdepan pengurus masjid juga mengurus hal-hal lainnya seperti mengurus jenazah, mengisi acara hajatan dan acara keagamaan lainnya.

"Imam dan khatib masjid diharapkan bisa menjadi agen pembaharuan untuk kemaslahatan umat karena itu perlu diberikan pelatihan, pengetahuan dan pembinaan agar kedepan bisa bersentuhan langsung dengan kegiatan yang berhubungan dengan Hablumminallah dan Hablumminannas," harap Teddy.

Pemkab Bangka melalui Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Setda Bangka melaksanakan  kegiatan Pelatihan Imam dan Khatib Masjid seKabupaten Bangka di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Rabu (19/2/2020).
Pemkab Bangka melalui Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Setda Bangka melaksanakan kegiatan Pelatihan Imam dan Khatib Masjid seKabupaten Bangka di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Rabu (19/2/2020). (bangkapos.com/Edwardi)

50 Imam dan Khatib Masjid Dilatih

Pemkab Bangka melalui Bagian Kesra dan Kemasyarakatan Setda Bangka melaksanakan kegiatan Pelatihan Imam dan Khatib Masjid se Kabupaten Bangka di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Rabu (19/2/2020).
Kegiatan ini dibuka Asisten 1 Bupati Bangka, Teddy Sudarsono, para kepala OPD dan pejabat lainnya di lingkungan Pemkab Bangka dan tamu undangan lainnya

Kabag Kesra Setda Bangka, H Rahmani mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang peserta dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka selama 4 hari.

"Kegiatan ini diisi dengan teori dan praktek langsung menjadi imam dan khatib dengan pengajar tiga orang dari DMI pusat dan 1 orang dari dosen IAIN Abdurrahman Siddiq Babel," kata Rahmani.

Diharapkannya usai mengikuti kegiatan ini diharapkan para imam dan khatib ini menjadi lebih profesional.

"Kita harapkan mereka mampu bertindak sebagai imam dan khatib yang baik, begitu juga sikap kesehariannya nemiliki akhlaq yang saleh," harap Rahmani.

Menurutnya sikap dan akhlak yang saleh ini harus ditunjukkan dalam segala hal, bukan hanya saat beribadah saja.

"Para peserta ini sebelumnya sudah memiliki dasar ilmu fiqih dan ilmu dasar lainnya, melalui pelatihan ini untuk menambah wawasan mereka dan menjadikan akhlak mereka menjadi lebih baik lagi," harap Rahmani.

Diharapkannya ilmu yang sudah di dapatkan melalui pelatihan ini jangan sampai hilang karena itu perlu diimplementasikan dalam kehidupan sehari- hari di masyarakat.

"Kalau bisa mereka ini juga mengajarkan ilmu yang sudah didapatkan kepada jamaah masjid lainnya selain untuk mereka sendiri," tukasnya.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved