Berita Sungailiat

Tingkatkan Target Pembayaran PBB, BP2RD Bateng Pelajari Operasional Mobil Mas Jempol ke BP2RD Bangka

Operasionalnya Mobil Keliling MAS JEMPOL untuk pelayanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) oleh masyarakat

Tingkatkan Target Pembayaran PBB, BP2RD Bateng Pelajari Operasional Mobil Mas Jempol ke BP2RD Bangka
Ist/BP2RD Bangka
Kasubid Penagihan dan Piutang Pajak Daerah BP2RD Kabupaten Bangka, Adi Muslih untuk menjelaskan mengenai Mobil Mas Jempol kepada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (19/2/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Bangka Tengah melakukan kunjungan kerja ke Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bangka, Kamis (19/2/2020).

Kegiatan Studi Banding ini diterima langsung oleh Kepala DPPKAD Kabupaten Bangka yang diwakili Sekretaris Haryadi didampingi oleh Kabid Penagihan dan Pajak Daerah, Kabid Pendaftaran dan Penetapan Pajak, beserta Kasubid Penagihan Piutang dan Pajak Daerah dan para staf

Menurut Kepala BP2RD Kabupaten Bangka Tengah Wiwik Susanti, kunker ini dalam rangka belajar terkait Operasionalnya Mobil Keliling MAS JEMPOL untuk pelayanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) oleh masyarakat yang ada di desa-desa dan kelurahan di seluruh kecamatan yang ada di Bangka.

"Saya mengapresiasikan sekali Pemda Bangka, khususnya BPPKAD yang telah mengoperasional Mas Jempol ini, apalagi di dukung dengan peralatan yang begitu lengkap seperti komputer, internet, printer dan sebagainya sehingga masyarakat bisa melihat langsung daftar tunggakan PBB yang ada selama ini," ungkap Adi Muslih.

Pihaknya di tahun 2020 juga berencana akan mengoperasionalkan mobil pelayanan PBB yang akan berkeliling ke desa-desa, makanya melakukan study banding ke Bangka seperti Mas Jempol yang dioperesionalkan ditahun sebelum-sebelumnya.

"Sayang sekali kalau kita (BP2RD Kabupaten Bangka Tengah-red) Study Banding ke luar daerah yang ada di Pulau Jawa atau lainnya, kalau disini (Bangka-red) ada juga mobil keliling untuk melayani pembayaran PBB masyarakat yang ada di desa-desa". jelasnya melalui siaran pers yang disampaikan kepada Bangkapos.com, Rabu (19/2/2020).

Sekretaris BPPKAD Kabupaten Bangka Haryadi ketika meminta Kasubid Penagihan dan Piutang Pajak Daerah Adi Muslih untuk menjelaskan mengenai Mobil Mas Jempol.

Menurut Adi Muslih, Mobil Mas Jempol ini sudah ada di awal tahun 2018, tetapi mulai efektif dioperasionalkan untuk turun ke desa-des pada pertengahan tahun 2019.

Sehingga dengan adanya operasional Mobil Pelayanan PBB turun ke desa dan kelurahan yang ada diseluruh kecamatan bisa membantu atau meringankan masyarakat yang akan membayar pajak PBB khususnya yang jauh dari perkotaan selama ini.

Operasionalnya Mobil Mas Jempol juga bisa meningkatkan pendapatan dalam penerimaan pembayaran PBB, apalagi ketika masih BP2RD pihaknya mengeluarkan surat edaran yang ditandatangani oleh Bupati Bangka terkait PNS harus lunas PBB apabila akan mencairkan TPP atau Insentif.

"Dua cara itu ternyata ampuh sekali sehingga penerimaan PBB 2019 di Bangka mencapai kurang lebih 101,86%. Pada tahun-tahun sebelumnya tidak mencapai target," jelas Adi Muslih. (*)

Editor: Hendra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved