Berita Pangkalpinang

DPRD Bangka Belitung Buat Perda Lindungi Warga yang Konsumsi Ikan, Bebas dari Bahan Pengawet

DPRD Babel akan membuat payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) untuk melindungi warga yang mengkonsumsi ikan agar bebas dari bahan pengawet.

Bangkapos.com/Riki Pratama.
Ketua Komisi II DPRD Babel Adet Mastur 

BANGKAPOS COM, BANGKA -- Untuk menjamin kualitas dan keamanan ikan yang berasal dari Provinsi Bangka Belitung, DPRD Provinsi Babel akan membuat payung hukum berupa Peraturan Daerah (Perda) untuk melindungi warga yang mengkonsumsi ikan agar bebas dari bahan pengawet.

"Kita ingin mendapatkan keamanan barang siapapun yang mengkonsumsi ikan di Provinsi Babel betul ada jaminan hukum tidak mengandung borak dan bahan pengawet biar higienis disajikan di restoran. Akan ada yang mengatur siapapun industri, para pelaku usaha, menyajikan makanan ini sudah mendapatkan sertifikat jaminan mutunya, ikan yang dikelurkan sudah melalui uji laboratorium. Biar masyarakat menikmati ikan di Babel sudah ada jaminan itu,"ungkap Ketua Komisi II DPRD Babel Adet Mastur, kepada wartawan, Kamis (20/2/2020).

Adet menjelaskan Perda ini nantinya dibuat untuk mengatur ikan yang beredar di Bangka Belitung saja, baik dari industri, pelaku usaha di rumah makan dan lainya.

Seperti rumah makan harus kita uji laboratorium dari dan ikan dari laut harus kita uji, saat sekarang sudah dilakukan, namun belum ada yang memayungi, setiap survei ke pasar ada temuan, namun tidak ada dasar hukum Perda ini sebagai uji laboratorium ke lapangan biar masyarkat bisa menikmati hasil ikan Babel betul aman dan terjamin,"ungkapnya.

Selain itu, kata Adet dari Perda tersebut, ada Pendapatan Asli Daerah atau retribusi uang dihasilkan dengan penerbitan sertifikat hasil laboratorium nantinya.

"PAD dari uji laboratorium menghasilkan retribusi ini menjadi inkam daerah, ada retribusi untuk para pengusaha rumah makan akan kita uji laboratorium akan ada retribusi didapatkan, jadi nanti rumah makan mendapatkan haknya, yaitu mendapatkan sertifikat laboratorium di yang telah tetapkan,"tukasnya.

Ia menargetkan selesai Perda tersebut, yaitu pada bulan depan, para Anggota DPRD Babel akan memparipurnakan bersama anggota dan OPD terkait nantinya.

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved