Berita Pangkalpinang

Kejar Predikat Kota Layak Anak Madya, Pemkot Pangkalpinang Harus Tambah Ruang Bermain Anak

Pemerintah Kota Pangkalpinang berupaya meningkatkan predikat Kota Layak Anak dari Pratama menuju madya.

Kejar Predikat Kota Layak Anak Madya, Pemkot Pangkalpinang Harus Tambah Ruang Bermain Anak
Bangkapos.com/Ira Kurniati
Kepala Dinsos PPPA Pangkalpinang, Rika Komarina 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Pemerintah Kota Pangkalpinang berupaya meningkatkan predikat Kota Layak Anak dari Pratama menuju madya.

Upaya-upaya yang dilakukan dengan berkoordinasi dan meminta dukungan Kelurahan, Kecamatan, seluruh OPD, lintas sektoral bahkan masyarakat untuk berjuang dalam hal pemenuhan hak terhadap anak.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Dinsos PPPA) Pangkalpinang, Rika Komarina, mengatakan, dukungan semua lini sangat penting untuk pemenuhan indikator karena setiap OPD dan instansi-instansi memiliki peran meningkatkan ataupun menurunkan persentase pada penilaian.

"Semua pihak harus mendukung. Misalnya untuk penambahan ruang bermain anak di dinas-dinas atau sudah cukup ramah kah tempat tersebut terhadap anak. Nah itu perlu ditingkatkan. Namun ada indikator yang perlu diturunkan, misalnya angka kematian ibu dan bayi. Semua ini ada peran masing-masing OPD dan juga masyarakat turut membantu," kata Rika, Jumat (21/2/2020).

Dia mengatakan, secara bertahap indikator pemenuhan penilaian itu akan ditambah dan diperbaharui. Seperti pendeklarasian Kecamatan Layak Anak, tahun lalu ketika mendapatkan predikat pratama baru lima kecamatan dan mendeklarasikan diri sebagai Kecamatan Layak Anak.

Sedangkan di tahun ini bertambah sehingga total tujuh kecamatan sudah mendeklarasikan diri. Namun itu saja tidak cukup, Rika mengatakan, setelah mendeklarasikan sebagai Kecamatan Layak Anak, kantor tersebut harus didukung fasilitas yang ramah untuk anak.

Dia mengatakan, memang masih banyak fasilitas yang perlu ditambah untuk mendukung KLA menuju Madya ini. Pemkot juga sudah melakukan secara bertahap menggunakan APBD maupun bekerja sama dengan pihak ketiga melalui dana CSR.

Rika menyebut, wali kota juga sangat mendukung kegiatan ini sehingga meminta OPD turut membantu dan menyukseskan.

"Taman bermain anak kita sudah punya. Paling kita tambah untuk fasilitas-fasilitas lainnga sebagai pemenuhan indikator," ucap Rika.

Dia mengatakan, predikat KLA Pratama pun bjsa saja dicopot apabila ada indikator penilaian yang menurun. Paling tidak, menurutnya, Pangkalpinang mampu mempertahankan predikat Pratama sembaru menuju ke Madya.

Rika menyebut, pengumuman penilaian akan diumumkan sekitar bulan Juli, biasanya tepat pada hari anak nasional.
(Bangkapos.com/Irak Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved