Berita Pangkalpinang

OJK Beberkan Perkembangan Perekonomian dan Kinerja IJK Sumbagsel dan Babel, Dinilai Baik

Untung Nugroho menyampaikan perkembangan perekonomian dan data terakhir industri jasa keuangan (IJK).

OJK Beberkan Perkembangan Perekonomian dan Kinerja IJK Sumbagsel dan Babel, Dinilai Baik
Bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional (KR) 7 Sumbagsel, Untung Nugroho saat memaparkan mengenai perkembangan perekonomian dan Kinerja IJK Se-Sumbagsel di Ballroom Suite Yogyakarta Malioboro, Jumat (21/2/2020). 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional (KR) 7 Sumbagsel, Untung Nugroho menyampaikan perkembangan perekonomian dan data terakhir industri jasa keuangan (IJK).

OJK KR 7 ini mengatur perkembangan IJK di wilayah Sumatera bagian selatan (Sumbagsel) meliputi Jambi, Bengkulu, Lampung, Palembang, Bangka dan Belitung.

"Perkembangan ekonomi saat ini pun secara nasional tahun 2019 tercatat sebesar 5,02 persen. Ada dua provinsi yang pertumbuhan di atas nasional yaitu Sumatera Selatan (5,71 persen) dan Lampung (5,27 persen)," kata Untung dalam pemaparannya saat media gathering di Ballroom Suite Yogyakarta Malioboro, Jumat (21/2/2020).

Selain itu, pertumbuhan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (3,32 persen), terendah kedua setelah Provinsi Riau (2,84 persen).

Hal ini terjadi perlambatan konsumsi tahun 2019 akibat terlambat produksi pertanian akibat musim kemarau panjang tahun 2019.

"Secara umum kontribusi sektor terbesar dari penyedia akomodasi dan makan minum yang merupakan sektor utama dari empat provinsi dari lima provinsi di wilayah kerja OJK KR 7 Sumatera Bagian Selatan," jelasnya.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan mengenai perkembangan kinerja IJK di Sumbagsel dan Bangka Belitung.

Jumlah kantor Lembaga Jasa Keuangan (LJK) se-Sumbagsel dan Babel pada akhir tahun 2019 tercatat sebanyak 128 entitas yang berkantor pusat di daerah.

Jumlah jaringan kantor seluruhnya sebanyak 3.863 kantor, tersebar di lima provinsi, terdiri dari perbankan 2.481 kantor, IKNB 1.200 kantor dan Pasar Modal 182 kantor.

"Kinerja Perbankan se-Sumbagsel selama Tahun 2019 dinilai baik, total asset tumbuh 3,85 persen (yoy), DPK 5,12 persen (yoy) dan Kredit/Pembiayaan 4,06 persen (yoy). Kinerja perkreditan terjaga baik pada rasio NPL sebesar 2,87 persen dengan Fungsi Intermediasi sangat optimal yaitu 110,15 persen," ungkap Untung.

Halaman
12
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved