WIKI BANGKA

Ayo Olah Sampah Dapurmu Jadi Eco Enzyme, Cairan Alami Serbaguna, Ini Cara Pembuatannya

Cairan eco enzyme sebenarnya merupakan larutan organik yang merupakan hasil fermentasi antara bahan organik sampah dapur

Ayo Olah Sampah Dapurmu Jadi Eco Enzyme, Cairan Alami Serbaguna, Ini Cara Pembuatannya
Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari
Forum Kabupaten Sehat mengadakan sosialisasi pembuatan eco enzyme di Kantor Camat Tanjungpandan beberapa waktu lalu. 

Ayo Olah Sampah Dapurmu Jadi Eco Enzyme, Cairan Alami Serbaguna, Ini Cara Pembuatannya

BANGKAPOS.COM--Sampah yang selama ini dinilai menjadi musuh bagi lingkungan, justru sebaliknya bisa menjadi penyelamat lingkungan.

Pasalnya sampah bisa menjadi barang berharga jika bisa mengolah dan mendaur ulangnya. Bahkan sampah bisa menjadi ladang duit jika pandai memanfaatkan.

Seperti dengan memanfaatkan sampah dapur diantaranya sisa sayuran atau kulit buah bisa dimanfaatkan dalam membuat eco enzyme.

Cairan eco enzyme sebenarnya merupakan larutan organik yang merupakan hasil fermentasi antara bahan organik sampah dapur yang telah dicampur dengan air dan gula aren. Eco enzyme berwarna coklat gelap dengan aroma yang asam yang khas.

WIKI BANGKA - Tins Green Garden Foresttree, Cocok untuk Tempat Bersantai & Olahraga di Pangkalpinang

Cairan yang ditemukan Dr Rosukon Poompanvong asal Thailand ini juga memiliki beragam manfaat. Dari proses fermentasinya saja, eco enzyme menghasilkan gas ozon sehingga mampu mengurangi pemanasan global.

Di samping itu, eco enzyme juga bisa digunakan sebagai pembersih lantai, toilet, dan pupuk organik tanaman. Juga untuk membersihkan sungai tercemar hingga menangkal radiasi alat elektronik.

"Tinggal letakkan saja botol berisi eco enzyme di dekat komputer misalnya. Sudah dicek dengan alat ukur radiasi, jadi radiasinya langsung nol," seperti yang sempat disampaikan Pembina Yayasan International Nature Loving Association (INLA) Belitung Ayie Gardiansyah.

Cairan eco enzyme yang siap digunakan
Cairan eco enzyme yang siap digunakan (Posbelitung.co/Adelina Nurmalitasari)

Pembuatan eco enzyme skala besar di Belitung memang dikelola Yayasan INLA di Pasar Rimba, Kacang Butor, Kecamatan Badau.

Namun yang tertarik membuat eco enzyme, Posbelitung.co merangkum cara membuat eco enzyme.

WIKI BANGKA- Cantiknya Taman Sari dan ATM Saat ini, Dipenuhi Lampu Warna-warni, Cocok untuk Selfie

1. Menyiapkan alat dan bahan
Peralatan dan bahan yang digunakan untuk membuat eco enzyme sederhana sekali. Cukup menyediakan wadah plastik bekas yang bisa ditutup rapat dan timbangan.

Halaman
123
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved