Kongres Umat Islam Indonesia 2020

Kongres Umat Islam Indonesia 2020 Digelar di Bangka Belitung, Ini yang Akan Dibahas Para Ulama

KUII 2020 yang berlangsung di Novetel Bangka ini akan dihadiri Wakil Presiden RI Prof Dr KH Ma’ruf Amin

Kongres Umat Islam Indonesia 2020 Digelar di Bangka Belitung, Ini yang Akan Dibahas Para Ulama
Diskominfo Babel
Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Babel 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII Tahun 2020 yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan dipusatkan di Provinsi Kepulauan Babel, pada 26-29 Februari 2020.

KUII 2020 yang berlangsung di Novetel Bangka ini akan dihadiri Wakil Presiden RI Prof Dr KH Ma’ruf Amin, yang dihadiri ratusan tamu undangan dari seluruh Indonesia.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman menyebutkan, sangat mengapresiasi pilihan kongres di Babel, yang digelar setiap lima tahun ini.

"Ada ratusan tamu yang hadir ke Babel, ini merupakan momentum luar biasa menjadi tuan rumah yang baik. Kesempatan berharga memperkenalkan Babel dalam hal apapun," kata Erzaldi, Sabtu (22/2/2020).

Menurutnya, tidak mudah mendapatkan kepercayaan untuk dipilih sebagai tuan rumah karena masing-masing provinsi berharap hal yang sama.

Namun, menurut Erzaldi komunikasi dan koordinasi yang baik antara daerah dan pemerintah pusat menjadi pintu pembuka dipilihnya Babel.

"Saat saya bertemu Mensesneg Pratikno awal Februari lalu, beliau menitipkan kongres pada Babel agar berlangsung lancar dan meriah. Tentunya ini suatu kehormatan bagi kita. Perlu diketahui, hubungan yang baik dengan pusat harus terus kita perkuat agar banyak kegiatan berskala nasional dan internasional digelar di Babel," ujarnya.

KUII 2020 di Babel dihadiri perwakilan MUI se-Indonesia, perwakilan ormas Islam, pondok pesantren, cendekiawan muslim, perguruan tinggi Islam, serta duta besar negara-negara tetangga dan negara muslim.

Dikutip dari bangkapos.com, pembahasan materi dalam kongres meliputi pendidikan, ekonomi, sosial budaya, dan politik, dengan serangkaian Focus Group Discussion (FGD) untuk menajamkan pembahasan yang terbungkus dalam tema "Strategi Perjuangan Umat Islam Indonesia Dalam Mewujudkan NKRI yang Maju, Adil, dan Beradab."

Bangka Belitung dipilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan Kongres Umat Islam Indonesia VII Tahun 2020 karena pesatnya perkembangan wisata halal.

Sejumlah potensi wisata halal dengan destinasi dan kuliner khasnya yang sebagian besar telah memiliki sertifikasi halal.

Gubernur Erzaldi Rosman berharap kepada para peserta kongres, selain mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah diagendakan juga menikmati keindahan Bumi Serumpun Sebalai dengan berbagai destinasi wisata yang ditawarkan.

Selain Kongres Umat Islam Indonesia VII Tahun 2020 di Bangka Belitung, pada waktu yang sama diselenggarakan kegiatan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang dihadiri Ketua Dekranas Pusat yang juga ibu Wakil Presiden Indonesia, Wury Mar'uf Amin.

(bangkapos.com/Alza Munzi)

Penulis: Alza MH (day)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved