Mengapa Mata Sering Lelah, Ini Penyebabnya, Kepoin Yuk

Permasalahan kesehatan mata yang memberikan pengaruh yang sangat besar pada mata yaitu smart phone, tablet, laptop, komputer.

Mengapa Mata Sering Lelah, Ini Penyebabnya, Kepoin Yuk
Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn
dr Edwin Bayu Syaputra Sp M 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Permasalahan kesehatan mata yang memberikan pengaruh yang sangat besar pada mata yaitu smart phone, tablet, laptop, komputer.

"Salah satu permasalahan yang muncul saat ini, ketergantungan pada tekhnologi yang disebut gadget addiction," ungkap dr Edwin Bayu Syaputra Sp M, narasumber pada kegiatan Seminar dan Workshop yang digelar Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia (Iropin) Bangka Belitung, Sabtu (22/2) di Hotel Santika Bangka.

Dijelaskan dr Edwin mengapa bisa mempengaruhi mata karena gadget addiction merupakan aktivitas melihat dekat, yang menyebabkan problem pada mata.

"Ini tergantung jenis intensitas cahaya yang dikeluarkan oleh smart phone, yang mempengaruhi pembiasan cahaya dan kemungkinan suatu saat dapat merusak syaraf mata," jelasnya.

Apalagi menurut dr Edwin, smart phone yang banyak digunakan, dengan yang frekuensi paling lama penggunaannya.

"Dampak yang ditimbulkan ke depan karena ketergantungan pada gadget itu, diantaranya akan membuat mata cepat lelah, leher merasa tidak nyaman, tengkuk sudah terasa kram hingga mata terasa tidak enak," jelas dokter spesialis mata ini.

Ia mengatakan, ditemukan kasus, sebelum usia 40 tahun sudah terkena presbyopia karena mengakibatkan gangguan amplitudo akomodasi.

Presbyopia adalah gangguan penglihatan yang berkaitan dengan usia.

Disisi lain dr Edwin menjelaskan, ada juga Astenopia bahwa kondisi mata yang tidak nyaman setelah dua jam atau lebih di depan layar digital.

Kondisi ini bisa terjadi pada semua usia karena membaca dan terlalu banyak waktu di depan layar.

"Membaca lebih dari dua jam tanpa istirahat dengan pencahayaan redup dan kesalaham setting di smart phone," jelas dr Edwin. (Bangkapos.com/Agus Nuryadhyn)

Penulis: agusrya
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved