Berita Sungailiat

FKPM di Enam Desa Kecamatan Pemali Dikukuhkan

Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) di enam desa se- Kecamatan Pemali Bangka, Senin (24/2/2020) malam dilantik.

FKPM di Enam Desa Kecamatan Pemali Dikukuhkan
Bangkapos.com/Fery Laskari
Tampak Bupati Bangka Mulkan menyerahkan surat keputusan (SKEP) saat pelantikan-pengukuhan FKPM se-Kecamatan Pemali Bangka. Pengukuhan dilanjutkan oleh Ketua DPRD Bangka Iskandar Sidi, Kapolres Bangka AKBP Aris Sulsityono dan pejabat lainya, Senin (24/2/2020) malam di Mapolsek Pemali Bangka. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) di enam desa se- Kecamatan Pemali Bangka, Senin (24/2/2020) malam dilantik.

Pelantikan 97 anggota forum digelar di Mapolsek Pemali Bangka. Acara dihadiri oleh Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono, Bupati Bangka Mulkan, Ketua FKPM Babel Romadi, Ketua DPRD Bangka Iskandar Sidi serta berbagai pejabat, tokoh dan berbagai elemen masyarakat di kecamatan ini.

"FKPM adalah sebuah kelembagaan. Sesuai amanat UUD 1946 Pasal 28 bahwa kita diberikan kesempatan untuk berserikat, berkumpul menyampaikan pendapat," kata Romadi menyebut dasar awal pembentukan FKPM.

Kemudian lanjut Romadi pasal lain dalam UUD berbunyi, setiap warga negara berhak menjaga keamanan dan ketahanan RI.

Itu merupakan dasar atau embrio pembentukan FKPM yang kemudian menjadi grand strategi Polri. Tak hanya itu masih ada landasan lain terkait pembentukan FKPM, termasuk Peraturan Kabupaten (Perkab).

"Intinya pelaksanaan FKPM dengan azaz kebersamaan. Sehingga FKPM punya landasan jelas," kata Romadi seraya menyebut masyarakat merupakan polisi bagi dirinya sendiri.

Kapolres Bangka AKBP Aris Sulsityono di acara ini mengatakan keamanan dan ketertiban menjadi kebutuhan bersama.

Sehingga FKPM diharapkan dapat bersinergi dengan aparat penegak hukum dalam menciptakan situasional Kamtibmas menjadi lebih baik lagi.

"Karena kondisi situasional seperti ini tidak muncul begitu saja, tidak turun dari langit begitu saja. Kenyamanan merupakan wujud sinergitas bersama, tentunya dalam menjaga Kamtibmas tetap terpelihara secara baik. Saya selaku Kapolres berharap terbentuknya FKPM dapat jadi contoh dan memberikan kontribusi positif," harap Kapolres.

Sebanyak 97 anggota FKPM se Kecamatan Pemali dilantik. Mereka berasal dari enam desa seperti Desa Karya Makmur, Desa Airuai, Desa Pemali, Desa Airduren, Desa Sempan dan Desa Penyamun.

Pelantikan 97 anggota FKPM se Kecamatan Pemali itu dilakukan secara simbolis diwakili oleh perwakilan masing-masing desa.

Pengukuhan dilakukan dalam bentuk penyerahan Surat Keputusan (SKEP) oleh Bupati Bangka, Mulkan dan dikuti oleh pejabat lainnya.

(bangkapos.com/ferylaskari).

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved