Berita Sungailiat

Waspada, Dua Bulan Ini Kasus DBD di Kabupaten Bangka Ada 28 Penderita

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti mengatakan kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) pada bulan Januari ada 22 kasus

Waspada, Dua Bulan Ini Kasus DBD di Kabupaten Bangka Ada 28 Penderita
Bangkapos.com/Edwardi
dr Then Suyanti Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka 

BANGKAPOS.CON, BANGKA--Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti mengatakan kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) pada bulan Januari ada 22 kasus dan Februari ada enam kasus, sehingga total dua bulan ini 28 kasus DBD.

"Kasus DBD di Kabupaten Bangka pada awal tahun ini memang ada, tapi angka tidak tinggi sekali," kata Then saat ditemui usai kegiatan evaluasi Program Germas Kabupaten Bangka di Hotel Novilla Sungailiat, Selasa (25/02/2920)

Menurutnya,  di lokasi itu ada ditemukan kasus DBD positif usai dilakukan penyelidikan epidemiologi (PE), maka petugas Dinkes Bangka segera melakukan tindakan fogging.

"Tetapi yang paling penting itu bukan tindakan fogging nya, tetapi gerakan 3 M plus itu yang harus dilakukan masyarakat guna menghindari terkena penyakit DBD yang ditularkan akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti," ujar Then.

Then berharap di saat musim penghujan ini bila menemukan air tergenang agar dikuras karena bisa menimbulkan berkembangnya jentik nyamuk.

"Kalau mau menampung air sebaiknya ditutup, kalau ada bekas ban maka air yang tertuang dalam ban bekas itu juga harus dikuras, kita cek lapangan lokasi lingkungan yang terkena DBD biasanya banyak air yang tergenang di daerah sekitar rumahnya, banyak oeang tidak peduli soal genangan air ini," imbuh Then.

Then berharap agar masyarakat selalu waspada dan menjaga kebersihan lingkungannya.

"Intinya bagaimana kita bisa menghindari jangan sampai digigit nyamuk, apakah tidur menggunakan kelambu, atau obat anti nyamuk," tukasnya

(Bangkapos com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved