Berita Pangkalpinang

Atasi Semrawut Pasar, Dinas Perhubungan Pangkalpinang Buat Marka Jalan, Peringatkan Juru Parkir

Sejumlah juru parkir di kawasan Bangka Trade Center (BTC) Pangkalpinang diberi peringatan oleh Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang

Atasi Semrawut Pasar, Dinas Perhubungan Pangkalpinang Buat Marka Jalan, Peringatkan Juru Parkir
Ist/Ubaidi
Dinas Perhubungan Pangkalpinang melakukan razia KIR dan sosialisasi ke juru parkir di kawasan BTC Pangkalpinang, Rabu (26/2/2020) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Sejumlah juru parkir di kawasan Bangka Trade Center (BTC) Pangkalpinang diberi peringatan oleh Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang, untuk tidak memarkirkan kendaraan melebihi marka jalan yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Perhubungan, Ubaidi, mengatakan, mengatasi kesemrawutan pasar diantaranya disebabkan karena penataan parkir.

Untuk itu, pihaknya langsung memberi sosialisasi dan peringatan kepada juru parkir.

Mereka juga diimbau untuk menggunakan atribut parkir dan memberikan karcis kepada pengguna jasa parkir.

Ubaidi mengatakan, petugasnya telah membuat marka jalan atau garis pembatas jalan berwarna putih sehingga kendaraan dilarang parkir melebihi marka tersebut.

"Kami baru lakukan sosialisasi secara persuasif dulu ke mereka. Apa-apa saja yang mesti mereka taati. Mulai dari atribut, karcis dan penataan kendaraan tidak boleh melebihi marka yang sudah kami buat," jelas Ubaidi kepada Bangkapos.com saat dikonfirmasi, Rabu (26/2/2020).

Dia menuturkan, pihaknya mengupayakan cara persuasif kepada juru parkir. Namun kedepan tetap melakukan penindakan apabila himbauan tidak digubris.

Dinas Perhubungan Pangkalpinang melakukan razia KIR dan sosialisasi ke juru parkir di Kawasan BTC Pangkalpinang, Rabu (26/2/2020)
Dinas Perhubungan Pangkalpinang melakukan razia KIR dan sosialisasi ke juru parkir di Kawasan BTC Pangkalpinang, Rabu (26/2/2020) (ist/Ubaidi)

Penindakan pun, kata Ubaidi, harus dilakukan oleh tim terpadu. Saat ini pihaknya sedang menyusun surat keputusan dan menyusun tim-tim penindakan, yang terdiri dari TNI-Polri, kejaksaan negeri, satuan polisi pamong praja dan dinas perhubungan.

"Kami berharap setelah sosialisasi dan upaya yang dilakukan secara persuasif ini, juru parkir dapat mengikuti aturan. Mereka harus memberikan karcis kepada pengguna jasa, karena kalau tidak itu dinyatakan pungli dan berurusan dengan tim saber pungli. Sedangkan mereka yang menata melebih marka, kami akan lakukan penindakan. Seperti apa sanksinya, itu sedang kami bahas bersama tim," ucap Ubaidi.

Selain melakukan sosialisasi ke juru parkir, pihaknya melakukan razia terhadap kendaraan roda empat yang tidak memiliki surat kelayakan izin kendaraan. Ubaidi menuturkan, ada tiga yang terjaring dalam razia KIR tersebut.
(Bangkapos.com/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved