Pilkada Bangka Selatan 2020

Bawaslu Bangka Selatan Layangkan Surat ke Polres dan Kejari untuk Pembentukan Sentra Gakkumdu

Bawaslu Bangka Selatantelah melayangkan surat kepada Kepolisian Resort Bangka Selatan dan Kejaksaan Negeri Bangka Selatan

Bawaslu Bangka Selatan Layangkan Surat ke Polres dan Kejari untuk Pembentukan Sentra Gakkumdu
bangkapos.com / Jhoni Kurniawan
Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Selatan, Erik 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Koordinator Divisi Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bangka Selatan, Erik menyebutkan saat ini pihaknya telah melayangkan surat kepada Kepolisian Resort Bangka Selatan dan Kejaksaan Negeri Kabupaten Bangka Selatan sebagai tindak lanjut dari surat instruksi pembentukan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Sentra Gakkumdu) pada Pilkada 2020 Kabupaten Bangka Selatan.

Ketika ditemui pada Rabu, (26/2/2020) Erik menyatakan sesuai dengan surat instruksi pembentukan Sentra Gakkumdu maka pada Februari ini pihaknya telah melayangkan surat ke Kapolres dan Kajari Bangka Selatan.

"Pertanggal (10/2/2020) lalu kami sudah melayangkan surat ke Kapolres Bangka Selatan dan Kajari Bangka Selatan guna permintaan personil yang nantinya akan dimasukkan ke dalam struktur Sentra Gakkumdu," ujar Erik.

Untuk tugas dan fungsi Sentra Gakkumdu sendiri menurut Erik yaitu sebagai salah satu instrument atau wadah guna menjawab dugaan persoalan hukum yang berawal dari laporan ataupun temuan yang terindikasi pelanggaran yang kemungkinan nantinya bisa berujung kepada sebuah tindak pidana pemilu.

Sementara itu, untuk proses penanganan pelanggaran di Sentra Gakkumdu ini nantinya lebih lanjut Erik mengatakan akan ditangani dengan rentang waktu yg cukup singkat yaitu tiga plus dua (3+2) hari sesuai dgn yang diatur dalam UU 10 tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah sebelum kasusnya naik ke proses penyidikan yang dilakukan oleh penyidik di Sentra Gakkumdu.

"Selain itu agar publik dan masyarakat mengetahui tata cara membuat laporan pihak bawaslu Bangka Selatan juga membuat bagan alur proses penanganannya disektetariat sentra Gakkumdu, tukasnya. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved