Berita Bangka Barat

Berikut Sejumlah Cabang yang Diikuti Para Peserta Seleksi MTQ Kecamatan Muntok

Diikuti puluhan peserta yang terdiri dari beberapa cabang, diharapkan penyelenggaraan kegiatan tersebut akan menjaring qori dan qoriah andal.

Berikut Sejumlah Cabang yang Diikuti Para Peserta Seleksi MTQ Kecamatan Muntok
bangkapos.com / Ramandha
Salah satu peserta MTQ golongan anak-anak saat membaca Kitab Suci Al Quran 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Seleksi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-11 tingkat Kecamatan Muntok, Rabu (26/2/2020) hari ini digelar.

Diikuti puluhan peserta yang terdiri dari beberapa cabang, diharapkan penyelenggaraan kegiatan tersebut akan menjaring qori dan qoriah andal se-Kecamatan Muntok.

Ketua pelaksana MTQ Tingkat Kecamatan Muntok, Meidiar menuturkan, kegiatan dengan tema 'Melalui MTQ ke 11 Tingkat Kecamatan Muntok, Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengalaman Al Quran Menuju Masyarakat yang Religius, Berakhlak Mulia, Unggul dalam Silaturahmi Islam yang Madani' ini dimaksudkan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat kepada Allah SWT dalam mengembangkan minat dan bakat umat muslim dalam membaca, melafadzkan dan melantunkan ayat-ayat Suci Al Quran.

"Diharapkan juga agar kita dapat menjaga kelestarian dan keindahan ayat-ayat Suci Al Quran. Selain itu, pelaksanaan kegiatn ini juga kita inginkan dapat mempererat rasa toleransi dan kekeluargaan antar umat beragama," jelasnya.

Ia menambahkan, adapun maksud lainnya dari seleksi ini, yakni diusahakan dapat membina dan mendidik generasi penerus bangsa yang lebih mencintai Allah SWT dan Rasulullah SAW.

"Dengan menambah wawasan tentang Al Quran, kita yakini bahwa kecintaan terhadap Allah SWT dan Rasulnya juga akan terus tertanam pada jiwa anak," tuturnya.

Berikut kategori cabang dan golongan yang diperlombakan dalam seleksi MTQ ke 11 Tingkat Kecamatan Muntok :

- Cabang Tilawah golongan Tartil Al Quran Putera dan Puteri dengan umur maksimal 12 tahun 11 bulan 29 hari berjumlah 13 peserta.
- Cabang Tilawah golongan anak-anak berjumlah 9 peserta.
- Cabang Tilawah golongan remaja berjumlah 6 peserta.
- Cabang Tilawah golongan dewasa berjumlah 6 peserta.
- Cabang Hifzh Al Quran golongan 1 Juz dan Tilawah berjumlah 18 peserta.
- Cabang Hifzh Al Quran golongan 5 Juz dan Tilawah berjumlah 2 peserta.
- Cabang Fahmil Al Quran remaja berjumlah 11 regu.
- Cabang Syarhil Al Quran remaja berjumlah 10 regu. 

Jaring Qori dan Qoriah Andal

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-11 Tingkat Kecamatan Muntok, dengan tema 'Melalui MTQ ke 11 Tingkat Kecamatan Muntok, Kita Tingkatkan Pemahaman dan Pengalaman Al Quran Menuju Masyarakat yang Religius, Berakhlak Mulia, Unggul dalam Silaturahmi Islam yang Madani', digelar Rabu (26/2/2020), di Kantor Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat (Babar).

Halaman
12
Penulis: Ramandha
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved