Kongres Umat Islam Indonesia

Ini Alasan MUI Pusat Pilih Provinsi Bangka Belitung Jadi Tuan Rumah Kongres Umat Islam Indonesia

Lebih dari seribu peserta dan tamu undangan baik dari dalam dan luar negeri ikuti Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-7

Ini Alasan MUI Pusat Pilih Provinsi Bangka Belitung Jadi Tuan Rumah Kongres Umat Islam Indonesia
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Wakil Ketua Umum MUI Pusat, KH. Muhyiddin Junaidi saat menyampaikan sambutan, Rabu (26/2/2020) di Novotel Bangka. 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Lebih dari seribu peserta dan tamu undangan baik dari dalam dan luar negeri ikuti Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-7 di Bangka Belitung, yang berlangsung pada 26 hingga 29 Februari 2020, di Novotel Bangka.

Ketua Panitia Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-7, Zaitun Rasmin mengatakan, bahwa adanya keinginanan luhur dan usaha tidak henti dari umat Islam Indonesia untuk mewujudkan negara kesatuan Republik, yang maju adil dan beradab, maka kongres umat islam yang ke-7 ini dilaksanakan.

"Walaupun ditengah-tengah rasa pesimisme, setelah enam kongres yang serupa dilewatkan, khususnya lima kongres sebelumnya setelah reformasi, tetapi umat Islam selalu terinspirasi bahwa musyawarah itu adalah perintah Ilahi," ucapnya pada saat sambutan pembukaan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-7 di ballroom Novotel Bangka, Rabu (26/02/2020)

Dia mengatakan, Bangka Belitung dipilih menjadi tuan rumah Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke-7 setelah melewati proses seleksi yang begitu ketat, di mana Babel terus memperjuangkan KUII ini agar bisa dilaksanakan di Babel.

"Panitia diharuskan menyiapkan segala persiapan dan pelaksanaan KUII ini dengan cara seksama dengan waktu persiapan yang sanagt singkat hanya dua bulan saja, maka atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa dan segala kerja kerasa panitia yang telah membawa kita ke gerbang pembukaan atau peresmian kongres ini," ungkap Zaitun.

Dalam laporannya, ia juga mengatakan, selain acara KUII, juga diadakan acara halal tourism dengan peserta lebih dari 250 orang, dan total anggaran sekitar 4 Milyar berasal dari dana hibah Provinsi Babel, Kas MUI pusat, dan bantuan dari berbagai pihak lainnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum MUI Pusat, KH Muhyiddin Junaidi mengatakan, MUI memiliki moto yang sangat indah, agenda KUII merupakan agenda lima tahunan yang tidak mungkin bisa dipisahkan dari agenda MUI, sebagai mitra kritis royalis MUI selalu berada bersama-sama pemrintah dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa dan negara Indonesia.

"Oleh karena itu, oleh karena itu kami merasakan bahwa pada KUII ini merupakan momentum terbaik bagi para ulama dan cendikiawan muslim untuk saling bermusyawarah, guna mewujudkan sesuatu yang terbaik persembahan yang akan kita berikan kepda pemerintah, yang akan sama-sama kita sepakati," tutur KH. Muhyiddin Junaidi dalam sambutan nya di acara pembukaan

Dia juga mengatakan, di mana saat ini berada di era yang dikenal oleh masyarakat internasional di mana kadang kala yang benar dianggap salah, sebaliknya yang salah dianggap benar.

"Oleh karena itu KUII ini merupakan momentum terbaik bagi kita untuk mencari formula yang bisa disepakati oleh semua golongan. Kita datang dari berbagai latar belakang, ini lah kekayaan yang dimiliki bangsa Indonesia, agenda besar kita bukan hanya pada skala nasional tetapi kita juga dituntut negara dengan mayoritas pendudk beragama islma kita diminta untuk meciptakan perdamiaan," jelasnya.

Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin memberikan sambutannya dalam acara Pembukaan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) Ke-7 yang digelar di Novotel Bangka, Rabu (26/2/2020). Kongres KUII yang diikuti sekitar 700 ulama dari seluruh Indonesia itu akan berakhir hingga 29 Februari 2020.
Wakil Presiden RI, K.H. Ma'ruf Amin memberikan sambutannya dalam acara Pembukaan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) Ke-7 yang digelar di Novotel Bangka, Rabu (26/2/2020). Kongres KUII yang diikuti sekitar 700 ulama dari seluruh Indonesia itu akan berakhir hingga 29 Februari 2020. (Bangkapos.com/Resha Juhari)
Halaman
1234
Penulis: Andini Dwi Hasanah
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved