Kongres Umat Islam Indonesia 2020

Kongres Umat Islam Indonesia di Bangka Belitung, Wapres RI Ma’ruf Amin Disambut 999 Dulang

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin direncanakan menghadiri Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Pangkalpinang.

Kongres Umat Islam Indonesia di Bangka Belitung, Wapres RI Ma’ruf Amin Disambut 999 Dulang
Ist/MUI Babel
Bangka Belitung menjadi tuan rumah Kongres Umat Islam Indonesia 2020. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin direncanakan menghadiri Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Selain acara yang dipusatkan di Novotel Bangka, Wapres akan disambut 999 dulang yang bakal disajikan di acara Nganggung Kubro Bersama Umat di Pesantren Hidayatussalikin, Jalan Pasir Padi, Pangkalpinang, Kamis (27/2/2020).

"Nganggung ini dilaksanakan oleh Nahdlatul Ulama (NU) sebagai dari bagian menjaga tradisi, bahwa NU itu di sini menjaga keberagaman dan menjaga tradisi yang ada di Babel yang salah satunya adalah nganggung," ujar Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (NU) Provinsi Bangka Belitung, KH Jaafar Siddiq, kepada Bangkapos.com, Selasa (25/2).

Dia mengatakan, ada 999 dulang yang nantinya akan disajikan dalam acara nganggung kubro bersama umat tersebut.

"Kita sudah mulai melakukan beberapa persiapan untuk menyambut kehadiran bapak Ma'ruf Amin untuk bersilahturahmi bersama kita disini, tentu para santri kami pun ikut berpartisipasi, semua juga sudah beres sudah hampir 90 persen," ucapnya.

Peserta Kongres Umat Islam Indonesia Mulai Berdatangan, Perketat Pengamanan Tamu VIP dan VVIP

Tradisi Ngaggung budaya Bangka Belitung, menurutnya, tradisi yang sangat harus kita jaga dan merupakan moment yang sangat luar bisa sekali Wapres RI Ma'ruf Amin dapat mengenal tradisi ini.

"Ini tradisi yang harus kita jaga, ketika banyak orang maaf yang tidak paham dengan tradisi ini dianggap sesat atau dianggap hal-hal yabg tidak baik, maka NU muncul menjadi garda terdepan yang mangatakan ini adalah tradisi yang baik, dan ini moment yang luar bisa hingga Bapak Ma'ruf Amin berkesempatan melihat tradisi kita," tuturnya.

Selain itu Dia mengatakan, nganggung merupakan silahturahmi yang baik antar bangsa, yang artinya nganggung ini mempersatukan dan itu adanya di Bangka Belitung.

"Di daerah lain ada tradisi yang sudah masy'hur, di Bangka ada nganggung nah akan kita kenalkan bahwa di Bangka ini ada tradisi nganggung yang baik," ujarnya.

Direktur LPPOM MUI Bangka Belitung sekaligus Bendahara kegiatan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII, Nardi Pratomo mengatakan persiapan acara Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII di Ballroom Novotel sudah mencapai 90 persen.

Halaman
12
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved