Berita Pangkalpinang

Pertumbuhan Ekonomi Bangka Belitung Q4 2019 Menguat, Kinerja Industri Pengolahan Membaik

lapangan usaha industri pengolahan tumbuh sebesar 5,06 persen (yoy), menguat dibandingkan triwulan sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar

Pertumbuhan Ekonomi Bangka Belitung Q4 2019 Menguat, Kinerja Industri Pengolahan Membaik
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Babel, Tantan Heroika. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Bangka Belitung, Tantan Heroika membeberkan bahwa realisasi pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan IV 2019 menguat dari triwulan sebelumnya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merilis pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan IV 2019 sebesar 3,99 persen (yoy) dengan nominal Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp19,34 triliun.

"Secara keseluruhan tahun, pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada tahun 2019 tetap tumbuh positif sebesar 3,32 persen (yoy) di tengah kondisi ekonomi global yang kurang menentu, meskipun tercatat melambat dari tahun sebelumnya yang mampu tumbuh sebesar 4,45 persen (yoy)," kata Tantan, Rabu (26/2/2020).

"Menguatnya pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung di triwulan IV 2019 ini ditopang oleh membaiknya kinerja sektor lapangan usaha utama yaitu sektor industri pengolahan dan sektor perdagangan,"tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan lapangan usaha industri pengolahan tumbuh sebesar 5,06 persen (yoy), menguat dibandingkan triwulan sebelumnya yang mengalami kontraksi sebesar 0,80 persen (yoy).

Membaiknya kinerja industri pengolahan ini ditopang oleh membaiknya kinerja industri makanan (CPO) seiring dengan kondisi harga CPO dunia industri logam dasar (timah) seiring dengan mulai beroperasinya beberapa smelter.

Peningkatan output industri pengolahan ini berdampak terhadap peningkatan kinerja sektor perdagangan dari membaiknya ekspor.

Lapangan usaha perdagangan tumbuh sebesar 2,34 persen (yoy) di triwulan IV, meningkat dibandingkan pertumbuhan pada triwulan III 2019 sebesar 1,66 persen (yoy).

Membaiknya kedua lapangan usaha ini juga berdampak terhadap meningkatnya konsumsi rumahtangga.

Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi Bangka Belitung pada triwulan ini didorong oleh membaiknya konsumsi masyarakat.

Halaman
1234
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved