Berita Sungailiat

Pesantren Al Islam Kemuja Panen Sayur Sawi di Lahan Seluas 4 Hektare

ondok Pesantren (Ponpes) Al Islam Kemuja Desa Kemuja Kecamatan Mendo Barat melakukan panen sayuran sawi dilahan seluas 4 hektare untuk yang kedua kali

Pesantren Al Islam Kemuja Panen Sayur Sawi di Lahan Seluas 4 Hektare
istimewa
Pondok Pesantren (Ponpes) Al Islam Kemuja Desa Kemuja Kecamatan Mendo Barat melakukan panen sayuran sawi dilahan seluas 4 hektare untuk yang kedua kalinya. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pondok Pesantren Al Islam Kemuja Desa Kemuja Kecamatan Mendo Barat melakukan panen sayuran sawi dilahan seluas 4 hektare untuk yang kedua kalinya.

Kegiatan ini merupakan binaan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka.

"Program ini merupakan turunan dari Dinpertan Provinsi Babel yang membina petani sekolah dengan tajuk Tani Mas. Dimana seluruh sekolah yang ada di Provinsi Bangka Belitung berhak mendapatkan kucuran dana awal untuk lahan pertanian khusus di sekolah," kata Ellius Gani Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Bangka, Rabu (26/02/2020) dikantornya.

Ditambahkannya, bantuan awal dari Dinpertan Provinsi senilai Rp 50 juta. Dari modal awal inilah kemudian diolah kembali.

"Dari hasil panen, dijual dan kemudian diputar dibelikan bibit dan dijual kembali hasil panen nya, " ujar Ellius.

Dijelaskannya, alasan memilih ponpes ini karena memiliki areal halaman yang cukup luas.

"Ya lebih kurang 4 hektare, dan Ponpes Al Islam Kemuja ini yang pertama melaksanakan program ini di Kabupaten Bangka," jelas Ellius.

Dijelaskannya, dalam kegiatan ini ada tenaga yang menggarap kebun tersebut hingga terpelihara dan terawat supaya mendapatkan hasil panen yang bagus dan baik serta berkesinambungan.

"Yang memilihara dan menyiram kebun sayur itu setiap hari adalah para santri yang tinggal disitu, " ujar Ellius.

Ellius berharap ke depan akan bertambah daftar sekolah yang memanfaatkan pekarangan sekolah sehingga berdaya ekonomi. (Bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved