Berita Sungailiat

Lapas Sungailiat Dihuni 417 Warga Binaan, 40 Kasus Narkotika

Kepala Lapas Kelas IIB Sungailiat, M Ahyar mengungkapkan jumlah warga binaan saat ini ada 417 orang.

Lapas Sungailiat Dihuni 417 Warga Binaan, 40 Kasus Narkotika
bangkapos.com/Edwardi
Kepala Lapas Kelas IIB Sungailiat, M Ahyar 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kepala Lapas Kelas IIB Sungailiat, M Ahyar mengungkapkan jumlah warga binaan saat ini ada 417 orang. Sementara Kapasitas Lapas Sungailiat sebenarnya kapasitas daya tampung Lapas Sungailiat hanya 200 lebih orang saja sehingga terjadi over kapasitas.

"Hampir seluruh Lapas di Indonesia over kapasitas termasuk juga disini, namun meskipun demikian masih layak untuk dihuni. Kalaupun nanti dipandang sudah tak layak lagi dihuni, maka tahanan berlebih ini akan kami pindahkan ke lapas lain, namun kenyataannya lapas lain pun penuh warga binaannya," kata M Ahyar saat kegiatan Media Gathering diruang pertemuan Lapas Kelas IIB Sungailiat, Kamis (27/02/2020).

Dicontohkan Ahyar saat ini ada 40 orang warga binaan warga binaan kasus narkotika yang seharusnya ditempatkan di lapas narkotika Pangkalpinang, namun disana juga sudah penuh kapasitasnya lebih dari 1000 orang, sehingga ditempatkan di Lapas Sungailiat.

"Warga binaan kasus narkotika ini kami pisahkan dengan warga binaan kasus pidana umum lainnya, jadi tidak dicampur," ujar Ahyar.

Ditambahkannya untuk tahanan yang sakit juga dipisahkan dari warga binaan lainnya agar tidak menular ke lainnya.

"Untuk fasilitas bilik bercinta saat ini tidak ada, mungkin nanti pihak kementerian akan mengarahkan kesana untuk lapas terbuka memang diberikan fasilitas khusus untuk bilik bercinta bagi pasangan suami istri," tukasnya.

(bangkapos.com/Edwardi)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved