Berita Sungailiat

Penambang Timah Ilegal di DAS Jelitik Bandel, Tak Jera Meski Sering Dirazia Satpol PP Bangka

Padahal Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Bangka, sudah berkali-kali melakukan razia. Tetap saja penambang ilegal ini kembali beroperasi

Penambang Timah Ilegal di DAS Jelitik Bandel, Tak Jera Meski Sering Dirazia Satpol PP Bangka
Bangkapos.com/Ferylaskari
Kabid Penegakan Perundang-Undangan Satpol PP Bangka, Achamd Suherman. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Penambang timah ilegal di Daerah Aliran Sungai (DAS) Jelitik, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, tetap saja membandel.

Padahal Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Bangka, sudah berkali-kali melakukan razia. Tetap saja penambang ilegal ini kembali beroperasi.

Pj Kepala Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP Bangka, Kusyono Aditama diwakili Kabid Penegakan Perundang-Undangan, Achmad Suherman kepada Bangka Pos, Kamis (27/2/2020) mengaku terus memantau aliran sungai yang dimaksud.

"Hari ini DAS Jelitik masih kita pantau, setelah kemarin kita datangi dalam kegiatan razia. Kita minta penambang menghentikan aktifitas dan bongkar peralatan tambang," kata Suherman.

Diakui Suherman, kondisi DAS yang dimaksud sejak dulu jadi incaran penambang.

Bahkan penambang rela bekerja malam agar lolos pantauan petugas.

"Sekitar enam bulan lalu tambang di DAS Jelitik pernah kita razia. Mesin semprot, jenis robin milik penambang kita sita dan hingga saat ini masih ada di kantor kita. Nah sekarang mereka kerja lagi, siang hari. Makanya kita razia lagi," kata Suherman.

Saat razia kemarin, Tim Pol PP Bangka dipimpin Kasi Pengawasan Perda, Dodi Fitridiansyah langsung turun ke lapangan berkoordinasi dengan Lurah Sungailiat Firmansyah yang juga ikut ke lokasi tambang ilegal yang dimaksud.

Tim secara tegas melarang penambang beroperasi karena DAS merupakan lokasi dilindungi.

"Informasi dari pihak kelurahasn, babinkamtibmas dan babinsa setempat sebelumnya telah mengimbau agar penambang menghentikan aktifitas," kata Suherman.

"Namun penambang sepertinya membandel. Makanya kita razia lagi tambang di aliran sungai ini," tambah Suherman.

Pihaknya juga akan tetap merazia tambang timah di Kabupaten Bangka jika tidak mengantongi izin resmi pihak terkait. (bangkapos.com/ferylaskari).

Penulis: ferylaskari
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved