Kongres Umat Islam Indonesia 2020

Sekjen MUI Pusat Puji Bangka Belitung yang Ingin Jadi Destinasi Halal Tourism

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Anwar Abbas memuji keinginan Bangka Belitung menjadi destinasi wisata halal atau halal tourism

Sekjen MUI Pusat Puji Bangka Belitung yang Ingin Jadi Destinasi Halal Tourism
bangkapos.com/Cici Nasya Nita
Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Anwar Abbas 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat Anwar Abbas memuji keinginan Bangka Belitung menjadi destinasi wisata halal atau halal tourism.

"Bangka Belitung saya lihat sudah berazam (bertujuan-red) menjadikan obyek wisata halal. Itu sangat bagus, menyelenggarakan itu dilindungi Undang-undang. Apalagi dalam 29 ayat 1 dinyatakan negara berdasarkan ketuhanan yang maha esa," ujar Anwar kepada wartawan di Gedung Lantai 4 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Bangka Belitung, Rabu (26/2/2020).

Dia mengatakan apa saja yang dilakukan negara baik dari tentang politik, ekonomi, hukum bahkan wisata harus mengacu dan memperhatikan nilai-nilai agama.

"Wilayah Indonesia yang sudah berusaha menerapkan hal serupa ada NTB, Sumatera Barat, Aceh, Riau dan Babel. Ada beberapa daerah lah ya yang mencoba, karena ini sesuatu yang baru maka memerlukan waktu saling melihat dan mempelajari," jelasnya.

Ia merasa tidak ada kendala mengenai penerapan ini bila konsepnya disampaikan dengan baik.

Sebelumnya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pernah menyingung bahwa produk yang dengan logo halal Indonesia saat berada di Malaysia diganti dengan stiker halal milik Malaysia sendiri.

"Saya baru ini mendengar, karena yang namanya halal dunia mengacu pada sistem di Indonesia. Sistem yang kita pakai ditiru dunia, saya berpraduga ini mungkin ada kompetisi karena Malaysia ingin merebut pasar halal dunia. Malaysia juga ingin menjadi pusat halal, mungkin dia punya trik-trik sendiri," tuturnya. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved