Pilkada Bangka Selatan 2020

Bawaslu Bangka Selatan Awasi Verifikasi Administrasi Calon Perseorangan

Pengawasan yang berfokus untuk memastikan kesesauian data yang tercatat di e-KTP atau Surat Keterangan dengan form B.1 KWK

bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Koordinator Divisi Pencegahan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Azhari 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan akan mengawasi verifikasi administrasi serta kegandaan dokumen dukungan kepada bakal calon peserta Pilkada 2020 di Kabupaten Bangka Selatan jalur perseorangan.

Koordinator Divisi Pengawasan, Pencegahan Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Bangka Selatan, Azhari menyatakan pelaksanaan verifikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan akan dilaksanakan pada 27 Februari hingga 25 Maret 2020. Jumat, (28/2/2020).

"Pelaksanan verifikasi administrasi ini kami lakukan sebagaimana yang diamanatkan dalam PKPU Nomor 16 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020," ujar Azhari.

Lebih lanjut menurut Azhari pihaknya akan melakukan tindakan pengawasan yang berfokus untuk memastikan kesesauian data yang tercatat di e-KTP atau Surat Keterangan dengan form B.1 KWK.

Memastikan pendukung tercatat di dalam DPT atau DP4, memastikan kesesuaian alamat pendukung dengan keberadaan PPS, memastikan pemenuhan syarat usia dan status perkawinan, memastikan status pekerjaan dan memastikan tidak adanya dukungan ganda kepada calon perseorangan.

"Fokus pengawasan tersebut semuanya tercatat di dalam Pasal 18 Ayat 2, PKPU Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Perubahan Kedua Atas PKPU Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati dan/atau Walikota Dan Wakil Walikota dan semua ini kami lakukan agar tidak ada kecurangan dan dapat menjalankan Pilkada yang sehat," tambah Azhari.

Pihaknya tambah Azhari juga akan menerapkan pola pencegahan, pengawasan dan penindakan dalam pengawasan verifikasi administrasi ini. (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Jhoni Kurniawan
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved