Berita Bangka Barat

Lantik PPK, Ketua KPU Bangka Barat Harapkan Penyelenggara yang Berintegritas

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Barat (Babar) menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)

Lantik PPK, Ketua KPU Bangka Barat Harapkan Penyelenggara yang Berintegritas
Bangkapos.com/Kemas Ramandha
Pelantikan PPK pemilihan umum bupati dan wakil bupati (wabup) Babar tahun 2020 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Barat (Babar), Sabtu (29/2/2020), menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), yang bertempat di Gedung Koperasi Warga Peltim (KWP), Kecamatan Muntok, Kabupaten Babar.

Ketua KPU Babar, Pardi dalam sambutannya mengatakan, pendaftar PPK tahun ini yang mencapai 124 pendaftar, membuatnya sempat terkejut. Karena setelah dilakukan seleksi hanya diterima sebanyak 30 orang.

Menurutnya, fenomena ini sendiri merupakan bukti bahwa masih banyak masyarakat yang memberikan apresiasi dan tergabung sebagai penyelenggara pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) Kabupaten Babar tahun ini.

"Mudah-mudahan PPK yang baru saja dilantik ini dapat menyelenggarakan pemilu dengan profesional. Selain itu, juga harus berintegritas," jelasnya.

"Yang kita jaga adalah suara rakyat dan suara mereka itulah yang kita hitung nanti. Anda yang dipilih di sini tentunya, bukanlah yang terbaik, tapi kami meyakini anda sekalian punya integritas," tegas Pardi.

Menurutnya, pengalaman pemilu itu bisa dipelajari dengan mudah. Banyak buku maupun media lainnya yang menyajikan tentang materi pemilu. Namun dinilainya, untuk menjadi seseorang penyelenggara pemilu yang jujur itu susah.

"Jadi yang paling kita butuhkan kedepan adalah kejujuran. Karena itu saya minta dengan sebenar-benarnya bagi PPK kecamatan dapat bekerja seprofesional mungkin," ungkapnya.

Aturan hukum yang jelas dalam penyelenggaraan pemilu yakni terkandung di dalam PKPU, memang sampai saat ini sudah ditetapkan. Tidak hanya itu, kejelasan tentang aturan pemilu, dikatakannya, sudah diterapkan serta harus dijalankan dengan semestinya.

Pardi juga menekankan agar syarat-syarat para peserta pemilu nantinya dapat diterapkan dengan baik oleh para anggota PPK kecamatan. Terlebih, penyelenggara beritegritas dan jujur juga menentukan keberhasilan pemilu.

"Bukan hanya ada aturan saja. Kalau hanya aturan dan tidak dibarengi dengan penyelenggara yang tidak jujur dan berintegritas, itu percuma," sebutnya.

Halaman
12
Penulis: Ramandha
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved