Berita Pangkalpinang

Kongres Umat Islam Indonesia 2020 Hasilkan 9 Point Deklarasi Bangka Belitung.

Ada 9 point Deklarasi Bangka Belitung hasil dari Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII 2020.

ISTIMEWA
Kongres Umat Islam 2020 Hasilkan 9 Point Deklarasi Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung Dr Zayadi Hamzah mengatakan ada 9 point Deklarasi Bangka Belitung hasil dari Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) VII 2020.

"Inti dari deklarasi tersebut mengusulkan kepada pemerintah untuk konsisten terkait kepemerintahan dan penindasan kepada korupsi seperti apa. InsyaAllah dari 9 point ini akan diaplikasikan di Bangka Belitung maupun pusat,"kata Dr Zayadi saat ditemui bangkapos.com di Kantor MUI Babel, Senin (2/3/2020).

Diakuinya, memang deklarasi ini banyak berhubungan tentang sistem pemerintah yang diusulkan oleh para ulama atau peserta kongres.

Selain itu, isi Deklarasi Bangka Belitung tertulis ditujukan untuk penyelenggara negara, partai politik, ormas (organisasi masyarakat) dan seluruh umat islam.

Perihal Bangka Belitung ingin menjadi destinasi wisata halal atau halal tourism.

"Kalau Halal Tourism, kita sudah mendapatkan masukan-masukan dari hasil kongres, di dalam komisi-komisi sudah pernah membahas halal tourism juga. Jadi kita dari pelaksana kongres ingin menjadi Babel sebagai destinasi wisata halal di Indonesia," tuturnya.

Lebih lanjut, rencana tersebut akan dikembangkan dalam waktu dekat. Pihak MUI sendiri mengaku sudah melakukan negoisasi dengan Bank Indonesia untuk menyukseskan halal tourism sebagai hasil dari kongres juga.

"Sebenarnya, kita juga harus memahami jangan salah persepsi mengenai halal tourism. Ketika kita menyebut wisata halal seolah-olah kita menghalalkan wisatanya. Padahal bukan itu," tegasnya.

Wisata halal yang dimaksudkannya tersebut, yakni dengan menyediakan fasilitas-fasilitas yang terkait agama dan halal.

"Misalnya disitu tidak ada tempat salat, kita bangun tempat salatnya,dan fasilitas sebagainya. Makanan kita halalkan, restoran dan hotel disekitar wisata sertifikasi halalkan. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan kenyamanan kepada wisawatan,"jelasnya.

MUI Babel pun sudah mulai bergerak dalam proses sertifikasi baik restoran-restoran besar dan hotel atau dapur hotel di Bangka Belitung agar halal sehingga dapat direkomendasikan kepada para wisatawan.

"Nah indikator-indikator ini lah yang akan menjadi upaya agar Bangka Belitung menjadi wisata halal di Indonesia,"kata Dr Zayadi.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved