Berita Belitung

Cegah Virus Corona Masuk ke Belitung, Dinas Kesehatan Siapkan Langkah Ini

Dinkes Kabupaten Belitung juga sedang mempersiapkan alat pelindung diri (APD) bagi petugas yang disiapkan menangani pasien

(posbelitung.co/dede s)
Plt Kadinkes Belitung Agus Sulistiadi. 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG -- Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung telah melakukan koordinasi dengan instansi terkait sebagai bentuk upaya antisipasi pencegahan penyebaran virus corona.

Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung Agus Sulistiadi secara tupoksi berkaitan dengan langkah penanganan di gerbang masuk merupakan kewenangan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

"Kami memang sedang mempersiapkan semuanya karena itu tidak bisa instan. Persiapan itu mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM), bagaimana SOPnya, karena bukan hanya melindungi masyarakat tapi juga kami menjaga keamanan petugasnya," ujar Agus kepada posbelitung.co, Selasa (3/3/2020).

Selain itu, lanjutnya, Dinkes Kabupaten Belitung juga sedang mempersiapkan alat pelindung diri (APD) bagi petugas yang disiapkan menangani pasien tersebut.

Menurutnya sebagian perlengkapan sudah disiapkan termasuk bantuan dari Kementerian Kesehatan.

Sama halnya dengan RSUD dr Marsidi Judono Tanjungpandan yang juga telah mempersiapkan hal-hal teknis terkait penanganan.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi pekan lalu bersama Puskesmas dan RSUD, dalam hal mempersiapkan jika nanti ada pasien yang terdampak virus ini," ungkapnya.

Atas kejadian dua orang warga negara Indonesia (WNI) yang positif terinfeksi virus corona, Agus mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Belitung untuk menggalakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan kebiasaan cuci tangan.

Sebab, apapun jenis penyakitnya faktor yang utama diakibatkan lemahnya daya tahan tubuh.

"Kuncinya kebersihan, jadi kembali lagi ke PHBS dan kebiasaan cuci tangan," katanya. (posbelitung.co/dede s).

Editor: Hendra
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved