Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Banyak Istri Minta Cerai Alasan Keluarga Tak Harmonis, Ini Jumlah Kasusnya di Pangkalpinang

Penyebab perceraian diantaranya poligami liar, krisis akhlak, ekonomi, kekejaman jasmani, karena hukuman atau tidak ada tanggung jawab

(Bangkapos.com/ Suhardi Wiranata)
Muhamad Syarif, S.Hi, M.A, Hakim Pengadilan Agama Pangkalpinang, 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Perkara perceraian di Pengadilan Agama Kota Pangkalpinang dari Januari 2019 hingga Februari 2020 didominasi cerai gugat atau gugatan yang diajukan oleh istri terhadap suaminya.

Demikian disampaikan Muhamad Syarif, S.Hi, M.A, Hakim Pengadilan Agama Pangkalpinang, saat ditemui Bangkapos.com di Pengadilan Agama Pangkalpinang, Rabu (04/03/20) siang.

Dia menyebutkan, data perkara perceraian di Kota Pangkalpinang Tahun 2019, dari 475 perkara, 370 kasus diantaranya cerai gugat.

Sedangkan pada periode Januari sampai Februari 2020, ada 49 perkara cerai gugat dari 72 kasus.

"Gugatan perceraian di Pengadilan Agama Pangkalpinang didominasi oleh cerai gugat, artinya diajukan oleh istri," kata Syarif.

Lebih jauh lagi, berbagai macam penyebab perceraian diantaranya poligami liar, krisis akhlak, ekonomi, kekejaman jasmani, karena hukuman atau tidak ada tanggung jawab.

Penyebab terbesar perceraian di Kota Pangkalpinang pada tahun 2019 sampai Februari 2020, karena tidak ada lagi keharmonisan antara pasangan suami dan istri.

"Kita melihat kasus pada tahun 2019 di angka 89,05 persen adalah tidak ada keharmonisan lagi," kata Syarif.

"Selain faktor ekonomi, permasalahannya juga terkait perselisihan dan pertengkaran, faktor poligami liar, serta kekerasan dalam rumah tangga,"lanjut Syarif.

Syarif juga menyebutkan, dibandingkan dengan perkara perceraian penduduk Kota Pangkalpinang pada januari sampai februari 2019 lalu di Tahun 2020 ini meningkat.

"Perkaranya meningkat, Sudah ada 72 putusan dari 120 pengajuan," tutur Syarif.

(Bangkapos.com/ Suhardi Wiranata)

Penulis:
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved