Advertorial

Bupati Bangka: Jangan Lagi Gunakan Kemasan Plastik

LOMBA lukis anak dan lomba kreatif 3R dalam pe­ringatan Hari Peduli Sampah Nasional digelar Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Kamis (5/3/2020).

Bupati Bangka: Jangan Lagi Gunakan Kemasan Plastik - fewafsdxcdx.jpg
ist/Bangka
LOMBA lukis anak dan lomba kreatif 3R dalam pe­ringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka, Kamis (5/3/2020) di Kawasan Hutan Kota Sungailiat.
Bupati Bangka: Jangan Lagi Gunakan Kemasan Plastik - tgdfhjdgjy.jpg
ist/Bangka
LOMBA lukis anak dan lomba kreatif 3R dalam pe­ringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka, Kamis (5/3/2020) di Kawasan Hutan Kota Sungailiat.

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Lomba lukis anak dan lomba kreatif 3R dalam pe­ringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka, Kamis (5/3/2020) di Kawasan Hutan Kota Sungailiat.

Kepala DLH Kabupaten Bangka, Miena Lina me­ngatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan untuk membangun kesadaran bersama agar terwujudnya hidup bersih dalam pengelolaan sampah.

“Di dalam undang-undang ini juga dijabarkan bahwa sampah selama ini telah menjadi permasalahan nasional sehingga pengelolaannya perlu dilakukan secara komperehensif dan terpadu dari hulu ke hilir,” jelasnya.

Selain itu, peningkatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat dalam pengolahan sampah sangat dibutuhkan, sehingga volume sampah dapat berkurang.

“Kita ingin membangun upaya pemerintah daerah (pemda) dalam pengelolaan sampah sehingga dapat mendukung kesejahteraan masyarakat,” sebutnya.

Bupati Bangka Mulkan mengajak masyarakat supaya dapat bersama-sama menjaga lingkungan agar tetap bersih serta mencintai hutan alam yang ada di Kabupaten Bangka.

Dari kegiatan hari ini, dapat diambil sisi positifnya sebagai salah satu cara dalam menggugah kesadaran dari seluruh lapisan masyarakat tentang memanfaatkan dan mengolah sampah.

“Bagaimana kita dapat memberi gambaran pengetahuan dari mendaur ulang sampah serta bagaimana manfaat sampah ketika bisa dijadikan barang-barang yang berguna seperti halnya lomba lukis dan ide ide kreatif dari para peserta hari ini,” ungkap bupati.

Mulkan juga menyerukan kepada para peserta agar jangan lagi menggunakan makanan atau minuman dengan kemasan plastik.
Tindakan ini, dinilainya menjadi salah satu langkah bersama dalam mengurangi volume sampah, khususnya di Wilayah Kabupaten Bangka.

“Sampah ini timbul karena perbuatan kita sendiri. Untuk itu hari ini kita diimbau bagaimana kita mengurangi sampah. Mendaur ulang sampah, lalu kita manfaatkan. Jadi kemasan sampah-sampah botol yang dibuat menjadi hiasan atau apa pun itu,” terangnya.

Ia juga menginginkan dari pengelolaan sampah ini dapat memunculkan kreasi dari masyarakat. Seperti de­ngan diadakannya kegiatan pawai yang bisa menjadi wadah masyarakat menunjukan kreatifitas mereka mendaur ulang sampah.

“Masih banyak masyarakat yang mengabaikan hal ini. Karena masyarakat belum mencintai lingkungan dengan baik. Marilah kita berikan contoh kepada masyarakat, bahwa pemerintah daerah sangat peduli tentang kebersihan ini,” ajaknya. 

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved