Polisi Boleh Jual Masker Hasil Sitaannya, Ini Penjelasan Menkopolhukam

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menilai apa yang dilakukan polisi ini tidak akan melanggar hukum.

Tribun Jateng/Daniel Ari Purnomo
Menko Polhukam, Mahfud MD 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA,  -- Aparat kepolisian boleh saja menjual atau membagikan masker hasil sitaan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menilai apa yang dilakukan polisi ini tidak akan melanggar hukum.

Akan tetapi, menurut Mahfud, harus dilihat dulu latar belakang tindakan polisi saat melakukan penjualan tersebut.

"Menurut saya sih enggak (tidak melanggar hukum), tapi lihat motif dulu," ujar Mahfud di Kantor Kementerian Hukum dan HAM, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (6/3/2020).

Dia menjelaskan, jika polisi menjual barang yang disita harus dilihat motifnya.

"Pertama, actus reus (perbuatan yang melanggar pidana) sudah ada, yakni menjual. Tapi, mens rea (sikap batin) apa niatnya? Kalau niatnya menolong orang yang butuh ya boleh saja, " kata Mahfud MD.

Lebih lanjut, Mahfud mengungkapkan, jika uang hasil penjualan tidak dipakai secara pribadi maka penjualan tetap diperbolehkan.

"Masyarkat butuh, asal uang tidak dimakan sendiri kan boleh. Misal saya menyita dari si A yang dia menjual Rp 100.000, lalu polisi cuma menjual Rp 20.000, ya kasih saja," ucap Mahfud.

"Yang penting dipertanggungjawabkan dan yang penting masyarakat yang butuh supaya dilayani," kata dia.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Utara menjual masker sitaan milik tersangka kasus penimbunan masker dengan harga normal kepada masyarakat.

Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Budhi Herdi Susianto menyebut tindakannya itu merupakan sebuah diskresi dan berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menurut Mahfud MD, Polisi yang Jual Masker Sitaan Tidak Langgar Hukum", 

Editor: Hendra
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved