Rumah Terendam Banjir, PNS Bisa Ambil Cuti 1 Bulan dan Tetap Dapat Gaji

Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa mendapatkan cuti maksimal selama satu bulan jika rumahnya terdampak banjir.

Instagram/@depokterkini, @infobekasi, Wartakota
Kumpulan momen banjir Jakarta yang sedang viral 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa mendapatkan cuti maksimal selama satu bulan jika rumahnya terdampak banjir.

"PNS yang terdampak banjir bisa mengajukan cuti. Itu namanya cuti alasan penting, maksimal 1 bulan," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono saat dihubungi Tribun, Selasa (25/2/2020).

Ia mengatakan, aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 24 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Cuti PNS.

Lebih jauh, Paryono menjelaskan pada Bab II huruf F nomor 4 menyatakan bahwa "Dalam hal PNS mengalami musibah kebakaran atau bencana alam dapat diberikan cuti karena alasan penting dengan melampirkan surat keterangan paling rendah dari Ketua Rukun Tetangga (RT)".

Kemudian, surat keterangan tersebut dapat diserahkan ke Biro Kepegawaian dan/atau diupload di aplikasi SIPENDEKAR beserta formulir Cuti Karena Alasan Pentingnya pada saat masuk bekerja atau pada saat Ketua RT sudah dapat melayani warga semestinya.

"Bagi pegawai yang memenuhi kriteria tersebut maka dapat tidak berangkat ke tempat kerja sebagaimana mestinya," ujarnya lagi.

PNS Pria Boleh Poligami, ASN Wanita Dilarang Poliandri

Dalam aturan tersebut juga diatur terkait penghasilan baik gaji maupun fasilitas yang didapat PNS selama ini.

"Pada saat PNS tersebut cuti alasan penting, yang bersangkutan berhak menerima gaji," kata dia.

Selain cuti dengan alasan penting, cuti yang diatur diperaturan yang sama antara lain :

1. Cuti di Luar Tanggungan Negara

2. Cuti Tahunan

3. Cuti Besar

4. Cuti melahirkan

Cuti alasan penting dapat diajukan apabila, ada keluarga yang sakit dan meninggal dunia, pegawai sakit, istri melakukan operasi caesar, dan terdampak bencana alam.

Rincian Gaji Pokok PNS Terbaru Sesuai PP Nomor 15 Tahun 2019, Tunjangan Kinerjanya Berapa?

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul PNS yang Rumahnya Kebanjiran Bisa Cuti 1 Bulan dan Tetap Digaji, https://www.tribunnews.com/nasional/2020/02/25/pns-yang-rumahnya-kebanjiran-bisa-cuti-1-bulan-dan-tetap-digaji.
Penulis: Rina Ayu Panca Rini

Editor: fitriadi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved