Breaking News:

Horizon

Segmentasi Koran BN Itu Seksi

AWAL 2020 eksistensi Koran BN menjadi perdebatan serius di level manajemen.

Segmentasi Koran BN Itu Seksi
BangkaPos
IBNU TAUFIK Jr - Pemimpin Redaksi

AWAL 2020 eksistensi Koran BN menjadi perdebatan serius di level manajemen. Ini tentu tak bisa dilepaskan dari situasi tidak menggembirakannya industri surat kabar akibat arus digitalisasi yang sangat massif.

Tingginya biaya produksi yang tidak gayung bersambut dengan gairah bisnis pada Koran BN nyaris membuat kami membuat keputusan fatal terhadap Koran BN. Namun beruntung, saat berulangkali tak mampu mengakali rumus matematika terkait dengan tidak seimbangnya biaya produksi dan pemasukan, kami tidak menyerah.

Saat hitung-hitungan tidak lagi masuk akal, kami mencoba menyerahkan nasib Koran BN kepada pembaca setia Koran BN. Dengan sangat terpaksa dan awalnya tidak masuk dalam skenario, keputusan untuk menaikkan harga Koran BN adalah ujian terakhir untuk eksistensi Koran BN.

Kami benar-benar menyerahkan nasib Koran BN di tangan pembaca. Menaikkan harga jual adalah keputusan setengah hati yang terpaksa diambil. Kami betul-betul menyerahkan kepada pembaca nasib Koran yang sejauh ini identik dengan kriminalitas, selebritis dan Bola ini.

Sehari dua hari hari berlalu, minggu pun berganti bulan dan ternyata kekhawatiran itu akhirnya terjawab. Kurun waktu setelah naik harga, Koran BN mampu menjawab keraguan semua pihak. Koran BN telah membuktikan dirinya bukan sekadar Koran kasta kedua apalagi Koran murahan.

Kontraksi akibat kenaikan harga tercatat hanya sekira 5%, padahal di awal, kami memperkirakan setelah tampil dengan harga baru, akan terjadi koreksi oplah di atas 40%. Data ini menunjukkan bahwa Koran BN selama ini eksis bukan lantaran harganya yang setara dengan ongkos parkir.

Koran BN betul-betul menjadi bagian tak terpisahkan dari geliat Kota Pangkalpinang yang sedang bertumbuh. Koran BN menjadi bagian tak terpisahkan dari nafas kehidupan masyarakat Pangkalpinang dan sekitarnya dalam memperoleh informasi, hiburan sekaligus inspirasi.

Setelah BN naik harga, Koran BN bukannya ditinggalkan oleh pembacanya. Statusnya tetap kokoh menjadi `kompetitor' terkuat dari kakak tertuanya, Bangka Pos.

Situasi ini tentu harus disikapi secara fair, utamanya bagi kami di dapur redaksi. Saat pasar merespon dengan sangat positif, ini tentu tantangan bagi kami di redaksi untuk menjawab tantangan ini untuk masa depan Koran BN.

Kami tentu tidak akan membuat desain dan possioning yang berbeda yang telah menjadi identitas dari Koran BN. Kami tetap akan menjaga identitas Koran BN sebagaimana yang sudah ada saat ini. Komitmen ini akan tetap kami pegang, agar Koran BN tidak kehilangan ruh utamanya.

Halaman
12
Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: El Tjandring
Sumber: babel news
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved