Berita Belitung

Stok Gula Pasir di Belitung Terbatas, Harga Naik Jadi Rp 16.000 per Kilogram

Menyiasati stok yang kosong, Bulog Belitung telah berkoordinasi dengan kantor wilayah (kanwil) Bulog di Palembang dengan permintaan sekitar 200 ton

ilustrasi 

BANGKAPOS.COM, BELITUNG - Stok gula pasir di Kantor Seksi Logistik Perusahaan Umum (Kansilog Perum) Bulog Belitung saat ini tengah kosong. Keterbatasan stok gula pasir mulai terjadi sejak Februari lalu.

"Kalau kosong dari Februari, sebenarnya ada tapi stoknya tidak terlalu banyak, bisa dibilang kosong," ujar Kepala Kansilog Perum Bulog Belitung Faisal Fahmi, Senin (9/3/2020).

Menyiasati stok yang kosong, Bulog Belitung telah berkoordinasi dengan kantor wilayah (kanwil) Bulog di Palembang dengan permintaan sekitar 200 ton.

Diharapkan gula pasir sampai di Belitung pada Maret ini atau paling lambat April mendatang. Dengan demikian bisa digunakan menjelang Ramadhan juga Idulfitri nanti.

Di samping itu pihaknya juga sempat mengupayakan permintaan gula pasir ke Bulog Jakarta. Namun pasokan juga terbatas sehingga hanya cukup untuk keperluan mereka saja.

Berdasarkan rapat terbatas lalu, menurutnya dari pusat juga melakukan penugasan untuk impor sebanyak 29 ribu ton guna persiapan bulan puasa nanti.

Ini dilakukan karena keterlambatan panen tebu dan musim giling yang baru bisa dilakukan sekitar Mei mendatang.

"Makanya untuk saat ini kita harus bergerak cepat. Karena produksi gula pasir di Indonesia kan hanya 2,2 juta ton. Sedangkan konsumsi berkisar antara 2,8 juta-3 juta ton. Ada kekurangan sekitar 600-800 ton yang impor," jelasnya.

Ia menjelaskan, ketika nanti gula pasir datang, harga tetap akan dijual sesuai harga eceran tertinggi (HET) yakni Rp 12.500.

"Kalau kami tetap dijual sesuai HET, kalau kami tidak bisa dijual di atas itu, kalau distributor lain mungkin bisa," tambah Faisal.

Halaman
12
Penulis: Adelina Nurmalitasari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved