Hari Musik Nasional 2020, Ini Daftar Penyanyi dan Band Penerima Royalti Tertinggi

Tepat di momen Hari Musik Nasional yang dirayakan pada Senin (9/3) ini, lebih dari 300 musisi dan penyanyi tanah air menerima royalti tahunan

KOMPAS.COM/TRI SUSANTO SETIAWAN
NOAH jadi salah satu band penerima royalti performing rights terbanyak di tahun 2020. 

Hari Musik Nasional 2020, Ini Daftar Penyanyi dan Band Penerima Royalti Tertinggi 

BANGKAPOS.COM - Tepat di momen Hari Musik Nasional yang dirayakan pada Senin (9/3) ini, lebih dari 300 musisi dan penyanyi tanah air menerima royalti tahunan dari Performers Right Society of Indonesia (Prisindo).

Menurut keterangan dari penyanyi sekaligus Ketua Umum Prisindo, Marcell Siahaan, royalti tersebut berasal dari performing rights, bukan penjualan lagu secara fisik maupun digital.

"Royalti yang dibagikan bukan berasal dari penjualan lagu musisi atau penyanyi baik secara digital maupun fisik, namun berasal dari performing rights atau hak untuk mengumumkan karya ke ranah publik," jelas Marcell, seperti dikutip HAI dari Kompas.com.

Buat kalian yang belum tahu, contoh dari performing rights sendiri misalnya karya musik yang diperdengarkan untuk kepentingan komersil seperti di hotel, tempat karaoke, maupun restoran.

"Para pengguna tersebut wajib membayar royalti performing rights pada tiga pemilik hak: yang pertama adalah pencipta lagunya, yang kedua adalah musisi dan penyanyi yang merekam karya tersebut, dan yang ketiga adalah produser,” ujarnya menambahkan.

Tanpa disebutkan nominalnya, berikut daftar penyanyi dan band tanah air yang menerima royalti performing rights tertinggi di tahun 2020.

Penyanyi

Via Vallen
Anji
Judika
Iwan Fals
Cita Citata

Band

Armada
NOAH
Ungu
Seventeen
Naff

Semoga dengan royalti yang diterima tepat di momen Hari Musik Nasional ini para band dan penyanyi tanah air makin rajin untuk membuat karya. 

artikel ini telah tayang di majalah Hai https://hai.grid.id/read/072054556/ini-daftar-band-penerima-royalti-terbesar-di-hari-musik-nasional-2020?page=all

Penulis: tidakada006
Editor: Evan
Sumber: Hai
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved