Breaking News:

Gempa Bumi

Foto-foto Rumah Warga Hancur Diguncang Gempa di Tasikmalaya, Bengkulu juga Berguncang

Gempa bumi mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (10/3/2020). Malam harinya giliran Bengkulu digoyang gempa.

TRIBUNNEWS/HO/BNPB
Sejumlah rumah di Sukabumi runtuh akibat gempa, Selasa (10/3/2020). Gempa dengan magnitudo 4,9 dua kali mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat, pada pukul 17.18 sore. 

BANGKAPOS.COM, SUKABUMI - Gempa bumi mengguncang Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (10/3/2020). Gempa terjadi sebanyak dua kali. 

Akibatnya, sejumlah rumah pun mengalami kerusakan. Berikut ini foto-foto kerusakan rumah akibat gempa bumu di Sukabumi.

Menurut keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com, gempa dengan magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Sukabumi pada pukul 17.18 WIB.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat gempa tersebut berada pada koordinat 6.81 LS dan 106.66 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 kilometer arah Timur Laut Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 10 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (Strike-Slip Fault).

Apa yang Harus Dilakukan saat Terjadi Gempa Bumi?

Guncangan ini dirasakan di sejumlah wilayah.

Di wilayah Cikidang, Ciambar, Cidahu, dan Kalapa Nunggal, getaran dirasakan hampir semua penduduk.

Lokasi gempa di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020). (BMKG)
Lokasi gempa di Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020). (BMKG) ()

Sementara itu, di Panggarangan, Bayah gempa berkekuatan III MMI, sehingga getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan terdapat truk yang berlalu.

Sedangkan di Citeko, Sukabumi, gempa berkekuatan II - III MMI, sehingga getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved