WIKI BANGKA

Dosen STIE Pertiba Beri 7 Tips Cerdas dan Bijak Mengelola Pinjaman Bank

Dosen STIE Pertiba Pangkalpinang, Suhardi selaku akademisi yang paham akan perancangan keuangan menyarankan masyarakat bijak mengelola pinjaman bank

Kompas.com
Ilustrasi Rupiah 

Dosen STIE Pertiba Beri 7 Tips Cerdas dan Bijak Mengelola Pinjaman Bank

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Dosen STIE Pertiba Pangkalpinang, Suhardi selaku akademisi yang paham akan perancangan keuangan menyarankan  masyarakat agar lebih cerdas dan bijak mengelola pinjaman uang di bank.

Menurutnya, geliat perkembangan bisnis keuangan dan perbankan mengalami perkembangan yang pesat saat ini, ditambah lagi dengan kemajuan teknologi informasi membuat industri fintech memiliki jalur baru untuk mendekatkan diri dengan konsumennya. Tidak tanggung-tanggung, industri fintech ini pun telah merambah bisnis pinjam, meminjam layaknya perbankan.

"Kemajuan ini memuat konsumen lebih diuntungkan dan dimanjakan, serta yang lebih penting, lebih dimudahkan untuk mendapatkan akses pinjaman keuangan,"ungkap Suhardi saat dikonfirmasi Bangkapos.com, (12/3/2020).

Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa satu kelebihan menjadi pegawai dengan penghasilan pasti dan stabil seperti PNS, pegawai BUMN, pegawai swasta adalah adanya fasilitas yang mudah untuk mendapatkan kredit di perbankan.

Gaji pegawai meski tidak besar namun stabil dan selalu naik secara berkala, ditambah lagi dengan adanya kerjasama antara pihak perusahaan/instansi dengan perbankan membuat pegawai lebih mudah untuk mandapatkan fasilitas pinjaman.

"Namun, ada kalanya pinjaman yang diterima bukannya menyelesaikan permasalahan keuangan tapi justru menjadi beban bagi pegawai yang bersangkutan. Agar tidak terjebak dalam mengelola pinjaman bank, pegawai perlu cerdas dan bijak dalam memanfaatkan fasilitas uang yang diperoleh dari pinjaman tersebut," jelas Suhardi.

Suhardi pun memberikan saran atau tips, saat peminjaman di bank agar tidak terbebani.

Jika terlanjur atau berkeinginan untuk memanfaatkan pinjaman bank beberapa hal berikut perlu dicermat:

1. Rencanakan kebutuhan keuangan dengan matang, Sebelum meminjam modal, Anda harus tahu kebutuhan mendesak apa yang benar-benar menjadi prioritas anda. sehingga, Anda tahu berapa uang yang perlu dipinjam dan ke mana uang tersebut akan di belanjakan.

Halaman
123
Penulis: Cici Nasya Nita
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved