Bandar Narkoba Ditangkap

Kratom Bubuk 11,5 Kg Diamankan Polisi, Efeknya Bikin Halusinasi Hingga Kematian

Kratom berasal dari tumbuhan asli Pulau Kalimantan yang diedarkan diberbagai daerah di Indonesia bahkan dikirim keluar negeri.

Bangkapos/Deddy Marjaya
Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat menunjukkan Kratom bubuk saat jumpa pers hasil Operasi Antik Menumbing 2020 Kamis (12/3/2020). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam Operasi Antik Menumbing 2020 Polda Kepulauan Bangka Belitung salah satu jenis barang bukti (BB) yang diamakan adalah Kratom bubuk sebanyak 11,563 kg.

Bubuk kratom tersebut diamankan dari warga oleh Polres Belitung.

Kratom berasal dari tumbuhan asli Pulau Kalimantan yang diedarkan diberbagai daerah di Indonesia bahkan dikirim keluar negeri..

Kratom jika dikonsumsi memilki efek halusinasi dan rileks berlebihan seperti efek yang ditimbulkan mengkonsumsi ganja.

Namun akibat dari penggunaan berlebihan membahayakan kesehatan hingga kematian.

"Bubuk kratom ini dikonsumsi dengan diseduh seperti kopi efeknya seperti ganja berhalusinasi dan rileks berlebihan," kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Anang Syarif Hidayat saat jumpa pers hasil Operasi Antik Menumbing 2020 Kamis (13/2/2020)

Dir Narkoba Polda Kepulauan Bangka Belitung Kombes Pol Mirzal Alwi mengatakan Kratom tumbuh liar di Pulau Kalimantan dibudidayakan dan dikonsumsi warga setelah semakin dikenal.

Ini karena awalnya ada permintaan dari Amerika namun saat ini sudah tidak diperbolehkan lagi masuk ke Amerika.

Sebab dampaknya membahayakan penggunaan dalam jangka panjang bahkan menyebabkan kematian.

"Amerika sudah melakukan pelarangan terhadap Kratom dan BNN Juga sudah menyampaikan surat edaran terkait Kratom dimana nanti 2022 akan dilakukan pelarangan edar diseluruh indonesia," kata Kombes Pol Mirzal Alwi.

Halaman
1234
Penulis: deddy_marjaya
Editor: Hendra
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved