Breaking News:

PENAMPAKAN Motor yang Pernah Dikendarai Polisi Paling Jujur di Indonesia

Museum milik David Sunar Handoko ini cukup unik, lantaran semua aset yang ada bukan sekadar sebuah motor, sepeda, atau mobil antik

(KOMPAS.COM/STANLY RAVEL
Motor lawas koleksi Museum Merpati Motor(KOMPAS.COM/STANLY RAVEL 

BANGKAPOS.COM - Buat pehobi sepeda motor, mobil, sampai sepeda kayuh lawas, tak sah rasanya bila belum berkunjung ke Museum Merpati Motor di Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di Jalan KH Ahmad Dahlan No.88 Ngampilan.

Museum milik David Sunar Handoko ini cukup unik, lantaran semua aset yang ada bukan sekadar sebuah motor, sepeda, atau mobil antik saja, tapi sebagian besar ada yang langka dan memiliki latar belakang sejarah.

Saat pertama membuka pintu, Anda akan disuguhkan oleh ratusan sepeda kayuh lawas, mulai dari ontel, model balap, sampai jenis lainnya. Bahkan ada beberapa yang didapatkan dari zaman pendudukan Belanda.

Motor lawas koleksi Museum Merpati MotorKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Motor lawas koleksi Museum Merpati Motor

Bagi yang mau melihat koleksi deretan motor, sebagain besar bersemayam di lantai dua. Untuk urusan model dan jenisnya sangat beragam, mulai dari motor merek Jepang, Amerika Serikat, sampai daratan Eropa pun lengkap tersaji dalam kondisi yang rata-rata 90 persen masih orisinal.

Sebelum naik, dari lantai bawah sudah tersaji ratusan motor bebek lawas yang cukup keren di eranya, seperti keluarga Honda C70, Suzuki Free, dan lain sebagainya. Motor-motor ikonik seperi Honda Monkey, Gorilla, dan sebagainya.

Motor batangan lawas dari beragam model juga akan menyita perhatian Anda, seperti deretan keluarga Honda CB beragam tipe dan tahun, Honda CB, Kawasaki Binter Merzy, Honda Win, Honda Benly S110, Honda S90Z, Suzuki Stinger. Untuk deretan motor sport lawas juga tersedia, seperti Suzuki RGR, Kawasaki AR, Yamaha RZR, dan lain sebagainya.

Motor lawas koleksi Museum Merpati MotorKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Motor lawas koleksi Museum Merpati Motor

Buat pecinta motor trail, sang pemilik juga memiliki koleksi lawas yang tenar di eranya, seperti Yamah DT 100 dan Suzuki TS. Sementara dari daratan Eropa dan Amerika, didominasi oleh Harley Davidson, Indian, BSA, BMW, Norton, Ducati, Vespa, Lambreta, Triumph, dan lainnya.

Pemilik museum juga mengkoleksi motor yang pernah ditunggangi mantan Kapolri yang disebut polisi paling jujur di Indonesia, yakni Jenderal Polisi (Purn) Hoegeng Imam Santoso.

Koleksinya adalah BSA Lighting Clubman keluaran 1965 dan BSA Twin Golden Flash.

Halaman
12
Editor: Edi Yusmanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved