Virus Corona di Bangka Belitung

Dewan Minta Pemprov Persiapkan Rancangan Perubahan APBD TA 2020, Amri: Alkes dan Faskes Dibutuhkan

Wakil Ketua DPRD Provinsi Babel, Amri Cahyadi menekankan terkait dampak ekonomi dari penyebaran virus corona yang harus segera diantisipasi

Bangkapos/Riki Pratama
Wakil Ketua DPRD Provinsi Bangka Belitung, Amri Cahyadi. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA --Wakil Ketua DPRD Provinsi Babel, Amri Cahyadi menekankan terkait dampak ekonomi dari penyebaran virus corona yang harus segera diantisipasi Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

"Kami sarankan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota se Babel sebaiknya dari awal mempersiapkan rancangan perubahan APBD TA 2020. Hal ini dikarenakan akibat dampak ekonomi atas virus corona ini sangat mungkin target penerimaan akan terganggu atau tidak terealisasi terutama pajak daerah dan dana transfer,"kata Wakil Ketua DPRD Babel Amri Cahyadi kepada wartawan, Senin (16/3/2020).

Ia menjelaskan dari segi belanja yang harus disiapkan adalah fasilitas kesehatan dan alat kesehatan.

"Ambil contoh sekaran ini alkes kebutuhan umum pencegahan masyarakat seperti masker, hand sanitizer. Disenfektan seperti sudah barang langka, di hampir setiap apotik di Babel terpajang tulisan masker habis, adapun harganya sudah tinggi,"keluhnya.

Kata Amri, Pemerintah wajib membantu ketersediaan alat-alat general seperti contoh jika akan mengambil kebijakan libur aktivitas normal pendidikan formal atau non formal, maka siapa yang bertanggungjawab dengan kegiatan sterilisasi desinfectan.

"Kalau dibebankan ke pengelola pendidikan, sekolah, menggunakan anggaran mana. Maka ini sudah harus disiapkan sehingga postur dan alokasi belanja APBD kita mau tidak mau harus segera diubah antisipasi kesiapan perlindungan masyarakat terdampak virus corona,"katanya.

Dari segi ekonomi pastilah akan berdampak sehingga perlu disiapkan program-program subsidi masyarakat, dukungan UMKM, dukungan subsidi operasional pertanian dan perikanan masyarakat.

"Maka sekali lagi kebijakan anggaran antisipasi hal tersebut di APBD Perubahan harus segera kita siapkan. Hal lain yang juga perlu segera kita siapkan faskes, karena sekarang ini faskes untuk perawatan pasien isolasi sangat terbatas maka anggaran untuk itu harus kita siapkan,"ujarnya.

(Bangkapos.com/Riki Pratama)

Penulis: Riki Pratama
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved