Pemprov Bangka Belitung Siapkan Anggaran untuk Mengatasi Kemungkinan Tersebarnya Virus Corona

Saya bersama seluruh jajaran DPRD Babel, siap giring penganggaran ini agar Babel siap dalam penanganan wabah Virus Corona,”

Diskominfo Babel
Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Pemprov Kepulauan Bangka Belitung tidak gunakan cadangan anggaran penanggulangan bencana dalam kesiapan penanganan kemungkinan jika terjadi penyebaran Virus Corona di Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam rapat ini dibahas kekuatan anggaran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menyikapi kemungkinan tersebarnya wabah virus corona (Covid-19) di Kepulauan Bangka Belitung.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman meminta secara khusus kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung agar mempersiapkan rincian anggaran untuk mengatasi kemungkinan terdeteksinya pasien suspect Corona.

Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Didit Sri Gusjaya bahkan menyanggupi untuk mendampingi pengajuan anggaran ini dan meminta Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mempersiapkan rincian kebutuhan anggaran malam ini juga, agar pada Selasa (17/03/2020) anggaran ini dapat dibahas bersama di badan anggaran dan ketok palu di hari berikutnya (Rabu).

“Saya bersama seluruh jajaran DPRD Babel, siap giring penganggaran ini agar Babel siap dalam penanganan wabah Virus Corona,” ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kep. Babel, Mulyono menyampaikan perkiraan anggaran yang dibutuhkan yaitu sebesar 5 miliar rupiah, bahkan angka ini bisa mencapai belasan miliiar rupiah jika memungkinkan untuk diakomodir semua kebutuhannya.

Direktur RSUP Kepulauan Bangka Belitung, dr Hendra, juga ikut menjelaskan kebutuhan anggaran ini. Tidak hanya perlengkapan seperti pakaian lengkap tenaga medis, lebih detail Kepulauan Bangka Belitung  juga dapat mempersiapkan perlengkapan lain seperti mobil ambulance khusus pasien suspect Corona agar tidak bercampur dengan penggunaan mobil ambulance dengan pasien kasus lain.

Selain itu, kebutuhan atas jumlah ruang isolasi di RSUP juga perlu ditambahkan sekalipun kesiapan rumah sakit lain seperti Klinik Intan Medika yang telah menyatakan kesiapannya menerima pasien jika terjadi deteksi pasien suspect Corona. Tentunya dibutuhkan anggaran yang cukup tinggi untuk kesiapan RSUP.

Menyikapi ini, dalam rapat Wagub Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah menegaskan kembali kepada Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk menyelesaikan hari ini juga rincian kebutuhan anggarannya, agar anggaran ini pada Selasa pagi dapat dibahas bersama DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Selesaikan malam ini juga, sebab DPRD Babel juga telah menyatakan kesiapan untuk proses cepat mengesahkan anggaran dan dapat direalisasikan segera,” ungkapnya.

“Kesiapan ini sangat membantu meminimalisir kecemasan masyarakat, diharapkan masyarakat merasakan bahwa pemerintah begitu serius mengambil langkah antisipasi dan siap mengatasi jika terjadi penyebaran virus corona di Babel,” ungkapnya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman melalui video conference melaksanakan rapat untuk menghadapi kemungkinan penyebaran Virus Corona, yang dihadiri Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitungl, Sekda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Ketua Tokoh Adat Melayu Kepulauan Bangka Belitung dan seluruh OPD di Lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung berserta kabupaten/kota yang dilaksanakan di Ruang Tanjung Pendam Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Senin (16/03/2020). (Nonadp/Iyas Zi/Listya)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved