Virus Corona Tak Kunjung Reda, Markus: Tetap Waspada Namun Jangan Panik

Pasien positifv corona (covid-19) di Indonesia terus bertambah. Data per 16 Maret 2020 pukul 17.10 WIB yang dirilis Kementerian Kesehatan RI & WHO

Ist
Bupati Bangka Barat, Markus SH 

BANGKAPOS.COM,BANGKA-- Pasien  positif corona (covid-19) di Indonesia terus bertambah. Data per 16 Maret 2020 pukul 17.10 WIB yang dirilis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan WHO menyebutkan, total sudah 134 orang di Indonesia yang dinyatakan positif mengidap covid-19. Dari jumlah tersebut, 5 diantaranya meninggal dunia dan 8 orang dinyatakan sembuh.

Merespon semakin tingginya sebaran virus corona yang sudah menjadi pandemi dunia tersebut, Bupati Bangka Barat, Markus SH, berpesan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, namun tetap rasional dan tidak panik.

"Saya berpesan kepada masyarakat Bangka Barat agar kewaspadaan dinaikkan, kehati-hatian ditingkatkan, tetapi jangan panik. Tetap menjaga pola hidup sehat agar kondisi tubuh selalu kuat. Saya intruksikan kepada seluruh perangkat pemerintahan mulai dari camat, lurah, kepala desa, kepala dusun, RT dan RW serta seluruh lapisan masyarakat agar dapat ikut berperan budayakan gotong royong sesering mungkin untuk menjaga kebersihan lingkungan," pesan Markus dalam video singkat berdurasi lebih dari 2 menit yang beredar di media sosial, Senin (16/3/2020).

Politisi PDI Perjuangan itu berpandangan, wabah corona juga dapat dicegah dengan menjaga pola makan yang teratur dan bergizi serta konsumsi buah dan sayur untuk asupan nutrisi dan pola hidup sehat lainnya.

"Berolahraga, dan beristirahatlah yang cukup setiap hari. Rutinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Di saat batuk atau bersin, gunakanlah masker, tisu, atau lipatan siku," tukasnya.

Bagi warga yang mengalami gangguan kesehatan seperti demam, batuk, sesak nafas, atau sakit tenggorokan, diimbau segera periksa dan datangi fasilitas kesehatan terdekat.

"Termasuk di saat bepergian, khususnya ke daerah yang sudah tersebar virus covid-19, kiranya tetap waspada, atau jika memungkinkan agar ditunda terlebih dahulu," pungkas Markus. (Humas Bangka Barat)

Editor: nurhayati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved