Breaking News:

Virus Corana di Bangka Belitung

Semua Pelabuhan Jadi Titik Perhatian untuk Atasi Corona Virus Disease

Semua pelabuhan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi titik perhatian untuk mengatasi penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19)

Penulis: Jhoni Kurniawan | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KA Tajuddin 

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, KA Tajuddin saat berkunjung ke Pelabuhan Sadai mengakui semua pelabuhan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menjadi titik perhatian untuk mengatasi penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19), Rabu (18/3/2020).

Menurut Tajuddin, pelabuhan-pelabuhan penyeberangan akan selalu menjadi perhatian apalagi pelabuhan yang menjadi tempat keluar masuknya akses penumpang.

"Di Kabupaten Bangka Selatan juga kita lakukan pengecekan karena ada akses keluar masuk penumpang di sini dan barusan kita telah melakukan penyemprotan bersama tim untuk mencegah penyebaran Virus Corona," jelas Tajuddin kepada Bangkapos.com.

Alasan pengecekan lanjut Tajuddin sebagai upaya untuk mendeteksi juga secara dini penyebaran Virus Corona di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kalau bisa dideteksi sedini mungkin maka itu juga upaya semakin baik juga," kata Tajuddin

Sementara itu jika didapati penumpang di sebuah pelabuhan dan ditemukan terinfeksi, Tajuddin menyebutkan maka penumpang itu akan diserahkan ke tim observasi tim gugus tugas pencegahan Virus Corona.

Tim Terpadu Lakukan Penyemprotan di Kapal Penyeberangan

Tim terpadu penanganan Corona Virus Disease (Covid-19)  terdiri dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Perhubungan, KKP Babel, Polres Bangka Selatan, Posmat TNI AL Sadai, Pol PP dan tim lainnya melakukan penyemprotan desinfektan di Kapal Penyeberangan KMP Gorare di Pelabuhan Sada, Rabu, (18/3/2020).

Penyemprotan desinfektan ini untuk mengantisipasi penyebaran Virus Corona di Kabupaten Bangka Selatan.

Terlihat tiga orang mengenakan pakaian lengkap berwarna merah dengan sebuah tabung yang digunakan untuk melakukan penyemprotan pada bagian-bagian kapal seperti kamar, ruang penumpang, ruang kemudi dan bagian lainnya.

Selain tiga orang penyemprot, tampak pula ada beberapa petugas dari Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang melakukan aktivitas bersih-bersih pada bagian kursi penumpang serta melakukan pengecekan suhu tubuh kepada awak kapal.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP S Ferdinand Suwarji menyatakan kegiatan ini sengaja dilakukan sesuai dengan permintaan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman untuk mengatasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Aktivitas penyemprotan di KMP Gorare di Pelabuhan Sadai pada Rabu, (18/3/2020) (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)
Aktivitas penyemprotan di KMP Gorare di Pelabuhan Sadai pada Rabu, (18/3/2020) (Bangka Pos/Jhoni Kurniawan) (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Selain kapal,  Ferdinand menyebutkan jika tim terpadu juga akan melakukan penyemprotan di beberapa tempat lainnya seperti area terminal pelabuhan dan sekitarnya.

Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan sebagai Sanitarian Pelaksana, Hendra Ginanjar menyebutkan penyemprotan disinfektan yang dilakukan dibuat dengan menggunakan bahan Karbol dan dicampur dengan air bersih.

"Sesuai dengan protokol disinfeksi khusus Covid-19 kami menggunakan bahan karbol karena bagian kapal terbuat dari besi sehingga diharap aman," kata Hendra. (Bangkapos.com/Jhoni Kurniawan)

Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved