Demo Mahasiswa UBB Ricuh

Ketua IKA FISIP UBB Sayangkan Demo Mahasiswa di Rektorat Berlangsung Ricuh

Akan tetapi, ada batasan-batasan yang berkaitan dengan nilai Pancasila yang seharusnya diperhatikan.

capture video LPM-UBB
Aksi Demo Mahasiswa UBB Ricuh, Beberapa Mahasiswa dan Keamanan Kampus Terluka 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -Ketua Ikatan Keluarga Alumni Fisip UBB Julian Fiki menyayangkan ricuhnya aksi demo mahasiswa di gedung Rektorat Universitas Bangka Belitung (UBB), Kamis (19/3/2019).

Menurut dia, penyampaian aspirasi dari para mahasiswa seharusnya dapat dilakukan secara damai, namun, malah berlangsung dengan anarkis.

Dia mengatakan, pihaknya pun mengutuk kejadian tersebut karena seharusnya Mahasiswa UBB menjunjung tinggi kondusivitas dan adab sebagai mahasiswa.

"Tentang kejadian demo hari ini, itu mencoreng kondusivitas kampus yang menjunjung tinggi slogan membangun peradaban," jelasnya.

Julian menuturkan, memang tidak pernah ada pelarangan aksi demonstrasi sebagai bentuk penyampaian aspirasi kepada pihak rektorat.

Bahkan undang-undang (UU) juga telah menjamin hak tersebut..

Akan tetapi, ada batasan-batasan yang berkaitan dengan nilai Pancasila yang seharusnya diperhatikan.

"Prinsipnya demo memang dibolehkan, karena UU menjamin dan ini sistem demokrasi yang dianut negara kita. Tapi, menyampaikan aspirasi juga harus sesuai prosedur yang dibenarkan oleh UU. Kalau ada aspirasi, perjelas tuntutannya," ucap Julian.

Julian menyebutkan, kejadian ini bisa dimungkinkan, karena massa aksi merasa haknya dikebiri oleh aturan rektor yang terbaru mengenai organisasi dalam kampus.

Sehingga menimbulkan tindakan provokasi bagi lainnya yang berakibat anarkistis hingga menyebabkan kerusuhan antara pihak keamanan kampus dan mahasiswa hingga menyebabkan korban.

Halaman
1234
Penulis: Ramandha
Editor: Dedy Qurniawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved